Uji Kecerdasan! 10 Game Puzzle Terbaik di PC

Uji Kecerdasan! 10 Game Puzzle Terbaik di PC

Dari semua genre game PC klasik, game puzzle termasuk yang paling klasik. Genre ini banyak digemari orang dari segala kelompok umur, dan sangat baik untuk menghabiskan waktu sekaligus mengasah otak. Tentu ada kepuasan tersendiri jika kita berhasil memecahkan teka-teki yang tidak bisa diselesaikan oleh banyak pemain.

Kami telah mempersempit definisi kami tentang permainan puzzle. Sehingga, kami harap kalian akan menemukan permainan dalam daftar ini yang belum pernah dimainkan sebelumnya, yang akan menguji keterampilan dan kecerdikan dalam memecahkan masalah. Kami juga memberi tempat beberapa game yang sudah populer seperti Bejeweld atau the Room. Jadi, simak artikel game puzzle terbaik untuk PC berikut:

1. The Bridge

The Bridge merupakan permainan teka-teki dengan latar hitam dan putih yang melibatkan kombinasi gambar seniman Escher dan kamera berputar yang akan menguji logika dan pikiran sampai batas. Protagonisnya di gambarkan dengan seorang pria paruh baya berjenggot dengan raut wajah sedih dan somnambulistik penuh tatapan kosong.

Pemain akan masuk ke dunia game yang melibatkan gravitasi, pencarian jalur yang tampak mustahil, dan berjalan berputar-putar di sekitar permukaan dari tingkat ilusi visual. Awal permainan mungkin tampak mudah, tetapi sampai di titik tengah permainan, game akan mengembalikan ke 25 level aslinya, dan meminta pemain mencoba menavigasi ulang dengan cara yang jauh lebih kompleks.

2. The Room 2 & 3

Permainan puzzle ringan room escape telah menarik perhatian bagi pengguna ponsel, tetapi dari konsep unik ini muncul gameplay yang luar biasa cerdik, cerdas, dan diproduksi dengan baik. The Room mengambil konsep tersebut, tetapi dengan mekanika game yang lebih kompleks dalam format 3D. Pemain harus cermat mengeksplorasi, melakukan point & click – percobaan mengklik di sana sini untuk mempelajari rahasia mereka, dan secara bertahap maju menyelesaikan cerita utama.

Dalam game besutan Fireproof ini, selalu melibatkan pencarian kompartemen rahasia, mencari kode, merekonstruksi struktur, dan sebagainya. Dari seri ke seri, The Room selalu mengalami peningkatan baik dari segi grafik yang lebih baik, lebih banyak teka-teki untuk dipecahkan, dan lebih banyak lagi cerita mendebarkan. Namun, konsep inti The Room tetap dipertahankan. Semua elemen tersebut menjadikan The Rooms sebagai salah satu game teka-teki asah otak terbaik.

Download resmi via Steam: The Room 2 | The Room 3

3. Bejeweled 3

Siapa yang tidak tahu Bejeweled? Saking tingkat kepopuleran dan kesuksesanya begitu tinggi, terkadang menggoda untuk mengasumsikan bahwa Bejeweld versi orisinal adalah hasil kloningan konsep game lain. Memang konsep math-3 (mencocokan 3 warna atau lebih) secara kasar ditampilkan pertama kali oleh Puzzle de Pon tahun 1995, namun tidak sampai benar-benar dirilis sampai datang PopCap dengan Bejeweld-nya pada tahun 2001. Tanpanya, kita sekarang tidak akan memiliki Candy Crush Saga.

Jika dibandingkan dengan versi pertama dan keduanya yang bisa dibilang kaku, lambat, dan terkadang membuat frustasi, maka Bejeweld 3 telah mengalami peningkatan mekanika permainan dan penambahan fitur, sekarang ada 8 mode permainan. Fluiditas pergerakan kristalnya begitu cepat dan mulus, ditambah dengan kualitas tinggi dari grafis, efek visual, dan suara. Bejeweled telah terjual sebanyak 75 juta salinan, dan telah diunduh lebih dari 150 juta kali, sebuah raihan angka yang sangat tinggi.

4. Sokobond

Bagi kalian yang hobi pelajaran science kimia, terutama mau belajar ikatan kimia, cobalah game Sokobond ini! Kombinasi yang mulus dari interaksi antar atom, ikatan molekul, atau ikatan kovalen-nya, divisualisasikan seperti “ping pong” dengan pencahayaan yang cerah. Kalian akan menemukan diri secara tidak sengaja mempelajari hal-hal tentang kimia saat semakin maju dalam permainan. Untungnya kalian tidak memerlukan pengetahuan kimia sebelumnya sama sekali. Game yang rilis Draknek ini disajikan dengan visual tajam, menarik, edukatif, dan menghibur.

5. Grim Fandango Remastered

Grim Fandango adalah karya klasik sejati dari LucasArts. Pemain memerankan protagonis mengikuti karakter Manny Calavera, agen perjalanan di dunia kematian, penjual paket-paket mewah kepada jiwa-jiwa yang telah mati dalam perjalanan menuju tempat peristirahatan abadi. Ada banyak tokoh karakter berwarna-warni bergaya kartun yang dapat kita temui, melakukan interaksi, dan mendapatkan informasi untuk mencoba memecahkan skema konspirasi dan mengungkap misteri.

Saat bermain dalam game versi remastered besutan Double Fine Productions ini, kita dituntut mendapatkan informasi dan petunjuk, mengambil item tertentu, dan melihat bagaimana semuanya cocok untuk menyelesaikan teka-teki. Game klasik ini cenderung seperti perpaduan film-noir dengan banyak plot menarik dari cerita rakyat Meksiko.

Game aslinya sudah bertahan sekitar 20 tahun, sehingga grafisnya nampak jadul bila dibandingkan dengan game zaman sekarang. Namun jangan khawatir, versi Grim Fandango Remastered telah diberi peningkatan beberapa elemen. Pemain akan diberi pengalaman gameplay yang sama tetapi dengan grafis resolusi yang lebih tinggi, pencahayaan yang disesuaikan, dan pengambilan soundtrack dari orkestra secara live.

6. The Talos Principle

Jika menginginkan game komputer atau laptop yang memusatkan gameplay-nya di sekitar teka-teki, maka The Talos Principle jelas merupakan salah satu yang perlu dicoba. Game 3D yang dikembangkan Croteam ini mengambil konsep permainan non-linier bertema sci-fi. Seluruh permainan berlangsung di berbagai lingkungan yang menarik. Ada daerah berhutan dengan struktur seperti kastil, pengaturan gaya Mesir kuno atau Yunani kuno, dan lanskap musim dingin yang menarik.

Dalam permainan, pemain mengendalikan sebuah drone yang bertugas memecahkan 120 teka-teki imersif di dunia yang menakjubkan. Pemain akan memindahkan blok untuk mencapai area baru atau mengaktifkan pemicu dan akan mengarahkan laser untuk menghubungkan antar titik. Pemain bahkan dituntut untuk memecahkan beberapa teka-teki bergambar. Ada juga beberapa teka-teki yang membutuhkan manipulasi waktu, jadi tidak ada kekurangan variasi.

Sepanjang permainan, pemain akan dihadapkan dengan pertanyaan filosofis tentang apa yang harus dilakukan. Pemain akan dipaksa untuk memikirkan apakah menyelesaikan teka-teki dengan mematuhi instruksi yang telah diberikan atau dengan pilihanya sendiri. Pilihan pemain dalam permainan dapat menghasilkan akhiran yang berbeda juga, jadi ada sedikit replayability yang tersedia.

7. I Expect You To Die

I Expect You To Die adalah permainan puzzle realitas virtual yang menempatkan pemain sebagai agen rahasia pada serangkaian misi yang terasa seperti James Bond jadul. Akting dan skenario sangat menghibur, intronya sendiri adalah pengalaman VR yang menyenangkan, dan pemecahan teka-teki setiap operasi mendorong penggunaan keterampilan dan kecerdasan sampai batas.

Setiap skenario berfungsi seperti ruang pelarian, sehingga dalam permainan memiliki begitu banyak interaksi menarik dengan objek di lingkungan. Ketika menjalankan operasi selalu muncul bahaya yang menyertai. Pemain harus berusaha untuk selamat dari situasi yang mematikan di tempat-tempat yang imersif dan berbahaya. Seperti saat membuat senyawa kimia khusus untuk menetralisir bom beracun, atau mencoba keluar dengan aman dari pesawat terbang di mobil.

Meskipun pada beberapa momen tertentu akan ada waktu berpikir dengan hati-hati, peristiwa seperti jendela kapal selam yang pecah akan memaksa pemain untuk berpikir cepat. Game juga menampilkan fitur ringan, seperti mengoleksi uang tunai. Dengan beberapa solusi untuk beberapa teka-teki, ada sedikit replayability yang baik di game besutan Schell ini.

8. Hexcells Infinite

Sangat sulit untuk melebih-lebihkan seberapa bagus Hexcells. Untuk penggemar teka-teki murni seperti Picross, Kakuro, dan Slitherlink, memainkan game Hexcells bagaikan hadiah puzzle terbesar sepanjang masa. Dalam permainan, pemain ditampilkan suatu layar penuh dengan hexagon berbagai warna, dengan sedikit petunjuk dari hexagon-hexagon tersebut, pemain harus memutuskan mana hexagon yang harus dirubah warnanya atau dihancurkan. Mirip dengan Minesweeper, namun lebih kompleks dan menuntut logika.

Infinite merupakan versi ketiga dari seri Hexcells sebagai penyempurna seri sebelumnya. Hexcells Infinite memperkenalkan instruksi yang lebih rumit, cara-cara baru untuk mempelajari ubin mana yang dapat dirubah warna atau dihancurkan, dan membuat segalanya menjadi jauh lebih dalam. Pemain dipaksa untuk menjadi lebih inventif dan berpikir lebih dalam untuk menyelesaikan teka-teki. Game premium ini bisa kita unduh di Steam.

9. Portal 1 & 2

Portal telah disebut sebagai salah satu game paling inovatif dan menawarkan gamer gameplay yang unik. Permainan ini dirancang untuk mengubah cara pendekatan pemain, memanipulasi, dan menduga kemungkinan dalam lingkungan yang diberikan, sedikit mirip dengan bagaimana Gravity Gun Half-Life 2 berinovasi dengan cara-cara baru untuk memanfaatkan suatu objek dalam situasi apa pun. Pemain harus memecahkan teka-teki fisik dan tantangan dengan membuka portal untuk memindahkan objek dan diri mereka sendiri.

Kedua versi game sama-sama membawa para pemain menjelajahi area fasilitas pengujian Aperture yang misterius. Pemain akan dipertemukan dengan AI GlaDOS dan dapat berinteraksi denganya. GlaDOS akan membantunya dengan memberi beberapa petunjuk, namun kadang dia juga bisa bertingkah gila. Portal 2 ada penambahan beberapa fitur, seperti memperkenalkan sejumlah karakter baru yang dinamis, sejumlah elemen teka-teki baru yang lebih menantang, dan satu set ruang uji yang jauh lebih luas.

Download resmi via Steam: Portal 1 | Portal 2

10. World of Goo

World Of Goo yang dirilis oleh 2D BOY tahun 2008 silam, pada dasarnya merupakan permainan puzzle-konstruksi berbasis fisika di mana bola-bola kecil (goo) ditempatkan berdekatan satu sama lain membentuk ikatan kaku. Dan dari improvisasi ikatan-ikatan tersebut dapat dibangun menara, zeppelin, jembatan, dan konstruksi lainya.

Desain grafis game bergaya kartun dengan pencahayaan yang terang dan indah. Pemain diminta untuk melakukan seperti yang dijelaskan: membangun menara atau jembatan sederhana. Setelah dibangun, bola-bola goo lainnya dapat meluncur di sepanjang struktur dengan suara riuh rendah, dan melarikan diri melalui pipa. Mereka harus ada yang dikorbankan untuk membentuk bangunan.

Setiap bagian dari permainan memperkenalkan goo jenis baru, dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Teka-teki mulai berubah juga seiring munculnya unsur-unsur baru dan naiknya level. Pemain yang semula merasa sudah mampu menguasai permainan, akan dibuat terkejut dengan banyaknya variasi permainan. Bagi sebagian pemain, mendapatkan skor setinggi mungkin bukan tujuan utamanya, tetapi lebih untuk bersenang-senang membentuk konstruksi yang indah.

No Responses

Write a response