Top 10 Game Catur Terbaik PC

Top 10 Game Catur Terbaik PC

The Immortal Game: sebuah permainan historis catur berkelas dipresentasikan saat pertandingan antara Adolf Anderssen dan Lionel Kieseritzky pada tahun 1851. Ini adalah jenis permainan papan yang membutuhkan kejelian, taktik, dan daya tahan mental. Aturan mainya sederhana, namun sulit dikuasai. Tetapi, bagaimana permainan papan klasik ini diterjemahkan kedalam videogame? Komodobaka membawa kalian kedalam daftar to 10 game catur terbaik PC 2020. Artikel ini untuk semua kalangan, baik yang ingin bermain santai secara online atau offline, mereka yang ingin secara serius mempelajari gerakan pembukaan dan menganalisis pertandingan bersejarah, pecatur yang mencari turnamen kompetitif, atau pemain pemula sekalipun yang ingin memecahkan puzzle.

1. Simply Chess

Permainan papan klasik gratis ini telah hadir lama di Steam sejak tanggal perilisanya pada 2015. Aplikasi mengusung mesin “Stockfish” kelas dunia dan populer dengan 100 tingkat kesulitan. Jadi, bermain melawan AI komputer menjadi tantangan tersendiri. Simply Chess menawarkan mode online melawan pemain pengguna Windows, Mac, atau Linux. Didalamnya juga termasuk mode “hot seat” atau “pass & play” untuk multi-pemain hanya menggunakan satu komputer. Bahkan kompatibel dengan permainan asinkron, dimana mesin komputer merekam jejak pemain, membuat prediksi cara bermain, dan melanjutkanya saat lawan sedang offline. Dukungan lain adalah peralihan secara mulus antara penggunaan mouse-keyboard dengan gamepad, memilih preferensi tampilan visual antara mode grafis 3D dan 2D dengan kontrol kamera yang disesuaikan, dan menyediakan statistik peringkat Elo untuk game online. Versi Steam tidak memiliki DRM tambahan dan dapat menjalankan semuanya kecuali permainan online. Jika mengaku seorang pecatur sejati atau hanya tipe pemain kasual, inilah yang kalian cari.

2. Knights

Knights adalah game puzzle minimalis berdasarkan pada satu bidak catur, knight atau ksatria tituler atau kuda. Mengambil judul spesifik, maka gameplaynya menunjukan penekanan pada bidak tersebut. Gameplaynya sederhana untuk dimainkan oleh siapa saja, dilengkapi soundtrack bernuansa ringan dan efek suara untuk menikmati pengalaman lebih santai. Tujuan untuk setiap level adalah untuk mengatur masing-masing bidak ksatria berwarna ke dalam ruang berwarna yang sesuai. Kuda hanya dapat dipindah dengan gerakan L seperti normalnya (2 ubin lurus dan kemudian 1 ubin ke samping) dan bisa melompati apa pun yang menghalangi mereka, asalkan ubin yang mereka tuju kosong. Sementara ada sekitar 75 level yang dirancang secara prosedural, artinya semakin maju maka tantanganya semakin berat. Perencanaan dua langkah atau tiga langkah kedepan adalah kemampuan kunci untuk menguasai level teka-teki selanjutnya. Cara-cara baru untuk mengatasi masalah akan berangsur-angsur terbukti saat permainan berlangsung, memungkinkan beberapa solusi untuk puzzle yang sama.

3. Chess Ultra

Tentu saja, catur dalam kehidupan nyata itu keren dan bisa melibatkan daya tahan mental, sensasi realisme itulah yang dibawa Chess Ultra. Aplikasi menyuntikkan permainan strategi terhebat sepanjang masa dengan sentuhan modern, berbagai tema menarik, menawarkan pengalaman bermain dengan visual 4K yang memukau, kualitas AI yang merepresentasikan Grandmaster sesungguhnya, dan kompatibilitas VR (Oculus Rift dan HTC Vive). Pemain pemula atau veteran sangat disambut disini. Bukti konkretnya adanya fitur tutorial yang informatif, menyediakan sepuluh tingkatan level komputer, 80 puzzle, kontrol waktu yang komprehensif, dan mode online lintas platform. Mode kompetitif multi-pemain lokal dan global juga di overhaul dengan sistem peringkat Elo, menjadikan siapapun yang berada dipuncak papan peringkat adalah memang seorang Raja sebenarnya. Pecatur sejati juga bisa bersaing di turnamen resmi Ripstone, atau bisa juga dengan sekedar menontonya untuk mendapat pelajaran. Chess Ultra adalah jenis presentasi permainan sekak yang mewah dan realistis.

4. Knight’s Retreat

Knight’s Retreat baru dirilis pada April 2020 oleh studio Minimol dengan sentuhan inovasi baru dan masih dalam tahap Early Access antara 1-3 bulan. Gameplay tidak mencerminkan permainan standar, namun lebih menitikberatkan pada elemen puzzle. Sementara ada 55 tingkatan level bersetting dalam dunia abstrak indah terinspirasi oleh Abad Pertengahan. Elemen musik digubah untuk membantu pemain fokus dan bersantai sambil menyelesaikan teka-teki. Knight’s Retreat dirancang khusus untuk pemain tunggal dari semua kalangan, bahkan bagi pemain yang awam sekalipun. Permainan indie ini juga secara tidak langsung mengajarkan cara bermain catur. Grafiknya bergaya kartun minimalis, indah dan meditatif dengan pemandangan warna-warni. Permainan menghadirkan suasana santai, suara ambient, membuat rileks, dan kontemplatif pada saat yang sama, dengan peningkatan level prosedural secara bertahap yang sangat baik. Jika suka game puzzle ringan bernuansa unik, Knight’s Retreat berada di depan dan dijamin akan tetap terpasang di komputer atau laptop selama beberapa waktu.

5. Pure Chess Grandmaster Edition

Pure Chess memiliki gameplay standar permainan papan strategi klasik pada umumnya. Versi Grandmaster Edition mencakup berbagai tema set papan dan bidak eksklusif, mulai dari barang antik hingga modern. Ada 9 set catur dibuat dengan detail dan presisi yang menakjubkan, 6 lokasi yang digambarkan dengan indah, dan pengaturan permainan yang bia disesuaikan dengan gaya semua orang. Presentasinya menawan diselingi musik yang indah dan santai, sepuluh tingkatan AI yang berbeda mulai dari amatir hingga Grandmaster, peringkat ELO, opsi penyimpanan, bermain online asinkron dengan komunitas aktif, statistik, fungsi replay, dan banyak elemen puzzle. Kalian memiliki pilihan untuk bermain melawan manusia nyata melalui turnamen, bermain melawan AI atau menyelesaikan teka-teki kecil dengan tingkat kesulitan yang meningkat. Pecatur akan merasakan suasana yang nyaman sambil merenung merancang langkah-langkah menjatuhkan Ratu lawan di papan virtual sambil mendengarkan Mozart.

6. Chesster

Chesster memberikan gameplay inovatif dengan menggabungkan catur dengan match-3 untuk memberikan pengalaman baru yang mendalam dan strategis. Dihadapkan dengan papan penuh bidak, pemain harus membuat baris atau kolom bidak yang cocok untuk mencetak poin. Potongan bidak bergerak dengan cara yang sama seperti biasanya dan “memakan” potongan bidak lain di tujuan target mereka, membersihkannya dari papan. Pemain dapat menggerakkan tiga bidak setiap satu giliran dengan skor dan kaskade terjadi di akhir langkah. Sama seperti bermain sekak, kuncinya adalah merencanakan beberapa langkah ke depan dan skor tinggi hanya dimungkinkan didapat bila mengalami kombo saat beberapa potongan bidak jatuh ke ruang kosong yang telah kalian buat. Mengambil tema abad pertengahan, untuk menyelesaikan game kalian harus menguasai tiga jenis level: game, puzzle dan tantangan. Jika menyukai permainan puzzle dan ingin mencoba game tipe Bejeweled dengan twist catur, cobalah Chesster.

7. Zen Chess Series

Zen Chess Series adalah koleksi permainan tabletop kasual terdiri dari 6 game puzzle minimalis: Mate in One, Mate in Two, Mate in Three, Mate in Four, Champion’s Moves, dan Blindfold Masters. Paket khusus ini dipersiapkan untuk diberikan sebagai hadiah kepada seseorang yang mencintai catur. Zen Chess Series dirancang untuk semua tingkatan pemain, bahkan yang baru belajar bagaimana memindahkan bidak. Papan set dibuat minimalis dan indah, soundtrack digubah khusus untuk menjaga fokus dan konsentrasi, dan berbagai variasi level dari setiap judul mandiri. Mengambil judul spesifik, dalam Mate in One pemain diwajibkan mencari solusi menemukan satu langkah untuk menyelesaikan setiap teka-teki, demikian seterusnya sampai Mate in Four dengan basis 4 langkah. Sementara Champion’s Moves bisa menggunakan 1 sampai 7 langkah, dimana setiap posisi dan komposisi bidak terinspirasi dari momen historis dari para pecatur pro atau Grandmaster. Sedangkan Blindfold Masters mensimulasikan pengalaman bermain dengan mata tertutup. Tujuanya untuk melatih konsentrasi, meditatif, dan menghafal setiap papan untuk menemukan gerakan yang memecahkan teka-teki ketika potongan bidak tidak lagi terlihat.

8. Battle vs Chess

Walau telah berumur, Battle vs Chess penuh dengan mode luar biasa yang memberi permainan klasik “twist”, dan sepuluh tingkatan AI berdasarkan pada mesin Fritz yang akan memberikan tantangan seru bagi gamer pemula atau berpengalaman. Gameplaynya didasarkan pada konsep sederhana dengan memadukan antara perangkat lunak catur dan simulasi pertarungan yang berorientasi pada tindakan menghasilkan pengalaman aksi strategis yang tidak seperti sebelumnya, lengkap dengan potongan permainan yang kaya animasi. Pada permulaan pertandingan, semuanya tampak sangat mendasar: papan permainan 3D mempertemukan dua lawan satu sama lain dalam permainan sekak yang tampaknya biasa. Setiap tema diatur dalam salah satu dari enam lingkungan yang tersedia, masing-masing dengan lansekap dan fitur presentasi unik. Bidak-bidak seperti benteng atau kuda tradisional telah diberikan facelift berbentuk golem batu raksasa atau chimaeras beastly. Sementara mode PvP di satu PC melalui LAN dan Internet tersedia bagi mereka yang suka permainan kompetitif.

9. Unlock The King Series

Ada 3 sekuel dari Unlock The King besutan Minimol Games, sebuah permainan puzzle yang perancanganya terinspirasi oleh permainan sekak. Tujuanya memindahkan potongan-potongan bidak dan membuka jalur untuk menggerakan Raja. Sangat mudah dipelajari dan sangat rumit untuk dikuasai. Mekanik gameplay berdasarkan kubus Rubik dimainkan dalam papan 3D dimana bidak dapat bergerak cair dan cepat, dilengkapi tombol pelatuk, dan bagian-bagian interaktif lain yang bisa digerakkan. Level teka-teki dibuat secara prosedural dan menyenangkan untuk semua orang, bahkan bagi mereka yang tidak pernah bermain catur. Seri kedua dan ketiga menambahkan beberapa cara baru untuk memecahkan teka-teki. Elemen musik diciptakan untuk membantu fokus dan bersantai sambil menyelesaikan puzzle. Unlock The King benar-benar melatih konsentrasi, logika, penalaran dan penglihatan spasial. Kalian seakan tenggelam dalam permainan selama berjam-jam tanpa henti dan masih belum mampu menyelesaikan semua level.

10. Viking Chess: Hnefatafl

Hnefatafl adalah boardgame asinkron dengan elemen strategi yang menyerupai catur dengan tema zaman Viking bergrafis 3D detail dan indah. Gameplaynya menggunakan aturan populer untuk Hnefatafl: “Copenhagen Ruleset”, berdasarkan pada peraturan “Fetlar Hnefatafl”. Mekaniknya dijalankan 2 pemain berbasis giliran, mereka bisa memilih sebagai faksi Attacker yang mempunyai potongan bidak 24 buah atau faksi Defender beranggotakan 13 buah bidak termasuk 1 Raja. Semua potongan bidak bergerak secara vertikal atau horizontal seperti gerakan normalnya Benteng. Sebagai Attacker, tujuanya menangkap Raja lawan dengan mengelilinginya di empat sisi yang berdekatan, atau memotong semua rute pelarian. Sebagai Defender, tujuanya memindahkan Raja ke salah satu dari empat ubin sudut untuk melarikan diri dan memenangkan permainan, atau melindunginya di “Edge Fort”. Tutorialnya cukup interaktif, namun lebih banyak memainkanya akan membuat kita menguasai permainan lebih cepat. Hnefatafl menyediakan mode pemain tunggal melawan AI atau multiplayer 2 pemain lokal atau global melalui internet.

No Responses

Write a response