Paling Seru! 15 Game MMORPG Terbaik Untuk PC

Paling Seru! 15 Game MMORPG Terbaik Untuk PC

Tentu kalian tidak asing dengan istilah MMORPG kan? Huruf-huruf yang sering digunakan mewakili Massively Multiplayer Online dan Role Playing Game, dan merujuk ke game di mana ratusan bahkan ribuan pemain datang bersama-sama di dunia yang sama, mengembangkan karakter pemain, dan menjalani serangkaian cerita.

Tentu pengalaman gaming tersebut menciptakan keseruan tersendiri, rasa kegembiraan, dan persahabatan antar pemain yang tidak akan ditemukan dalam genre permainan lainnya. Dengan pemikiran itu, kami telah mengumpulkan 15 MMORPG terbaik yang bisa kalian mainkan di PC. Ayo simak artikel ini:

1. Neverwinter

Neverwinter mempunyai aturan Dungeons & Dragons yang tematis, menawarkan tempat, kelas, mantra, dan kemampuan dari game tabletop, dan kemudian memadukanya menjadi salah satu MMORPG terbaik. Kombinasi itu sebenarnya sulit bekerja, tetapi entah bagaimana bisa berhasil. Neverwinter mengambil aspek yang paling memuaskan dari edisi ke 4 D & D dalam hal pertempuran dan pengembangan, dan mengubahnya menjadi petualangan Dungeons & Dragons yang spektakuler.

Sejak Neverwinter diluncurkan, banyak fitur ekspansi gratis ditawarkan, termasuk ras dan kelas baru. Tentu ini mejadikan game lebih kompleks dan menantang, pemain semakin menaikan kewaspadaan di dunia Neverwinter, seperti daerah penuh bahaya di Icewind Dale. Disana suhunya begitu ekstrim dan penuh orang barbar, pemain harus ekstra siaga. Dengan pertarungan yang cepat dan desain yang efisien, Neverwinter menetapkan konsep apa yang seharusnya menjadi sebuah aksi-MMO.

2. EVE Online

Seperti deskripsi oleh pengembang CCP Games sendiri, EVE Online adalah MMO berbasis pesawat ruang angkasa di mana setiap pemain bebas untuk memetakan jalur mereka sendiri melalui alam semesta yang besar dan luas. Pemain bisa melakukan penjelajahan, memetakan jangkauan galaksi terjauh, atau bisa menjadi pemburu hadiah dan memburu target mematikan.

Jika aktivitas tersebut terasa terlalu intens, kalian mungkin mempertimbangkan untuk menjadi seorang pedagang, mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain mencari harga terbaik dan keuntungan tertinggi. Atau, kalian dapat terlibat dalam sistem politik alam semesta, dan berupaya mengambil alih beberapa jabatan tertinggi dalam permainan.

Namun, dengan semua kebebasan itu muncul sedikit risiko dan kompleksitas. Antarmuka dan sistem pertarungan EVE Online menjadi lebih rumit, dan mekanismenya PvP bisa menjadi kejam untuk yang tidak siap. Jangan heran jika kehilangan beberapa kapal di awal perjalanan. Namun, jika kalian dapat melewati beberapa hari pertama permainan dengan luar biasa dan mungkin bergabung dengan klan atau grup yang lebih besar, EVE Online benar-benar menjadi salah satu game sci-fi multipemain yang paling seru dan mengesankan saat ini.

3. World of Warcraft

Gamer dari semua kalangan pasti telah mendengar tentang MMORPG World of Warcraft yang sangat sukses dan mampu bertahan lebih dari 15 tahun. Jutaan pemain telah menginvestasikan uang dan waktu mereka ke dalam permainan ini sejak diluncurkan pada tahun 2004. World of Warcraft benar-benar memiliki semua elemen game untuk bisa dinikmati semua orang. Grafis bergaya kartunnya terasa hidup, map yang terus diperluas, dan seabrek konten yang dapat dimainkan telah memungkinkan game ini terus eksis sampai sekarang.

Jika menikmati kerja sama dengan pemain lain, kalian bisa menantang dan berburu untuk melihat berapa banyak bos yang bisa kalian bunuh. Jika lebih suka menunjukkan keahlian dengan cara yang lebih konfrontatif, ada banyak aksi PvP dalam bentuk Battlegrounds, Arena, dan open-world PvP. Pemain juga dapat melakukan kegiatan yang kurang intens, seperti memancing, memasak, eksplorasi, memelihara hewan tunggangan, atau bahkan mengembangkan cerita.

Dengan peluncuran World of Warcraft: Classic awal tahun ini, IP WoW memperluas jangkauannya lebih jauh. Classic telah memberikan sedikit gebrakan di komunitas MMO dan menarik lebih banyak pemain daripada perkiraaan Blizzard. Pemain menyukai gameplay back-to-basic, belum lagi kembalinya banyak fitur yang dihapus, item, pencarian, dan kemampuan kelas. Versi game mana pun yang kalian pilih untuk dicoba semua bagus, namun kami juga menghargai preferensi kalian sendiri.

4. The Elder Scrolls Online

Sampai Bethesda sempat membuat game Elder Scrolls dengan mode co-op yang solid, atau salah satu dari sekian banyak pengembang mods Skyrim kehabisan ide dan tidak lagi berkreasi, penggemar waralaba ini dibiarkan dengan sangat sedikit kesempatan untuk menjelajahi dunia Tamriel dengan teman-teman mereka.

Di situlah The Elder Scrolls Online masuk. Meskipun diluncurkan dalam keadaan kasar, seperti banyak game “live” hari ini, namun sudah terlihat mengesankan. Sistem pertarungan untuk MMO sepenuhnya berbasis aksi dan mengadaptasi pertarungan mode pemain tunggal dari game Elder Scrolls orisinal dengan cukup baik.

ESO juga menonjol dengan sistem pengembangan karakter yang unik. Kalian bebas memilih kelas selama pembuatan karakter, masing-masing dengan kemampuan dasar yang unik. Semua kekuatan lain yang ingin ditingkatkan dapat dibuka melalui pengembangan keterampilan senjata, armor, dan menyelesaikan quest. Ada beberapa guild tersedia jika ingin bergabung, rumah untuk dibeli, dan kalian dapat menikah dengan pemain lain, meskipun tidak banyak membantu selain memberi kalian bonus XP saat bermain bersama.

5. Guild Wars 2

Ketika World of Warcraft mengusung MMO tradisional seperti ketika mereka datang, Guild Wars 2 punya konsep yang bertolak belakang. Desainnya dapat dilihat sebagai upaya untuk memperbaiki dan mengembangkan setiap mekanika yang menjadi masalah umum bagi game online, dan keberhasilannya dalam bidang ini menjadikannya salah satu MMORPG terbaik yang dapat kita mainkan.

Game ini hanya memiliki sedikit quest reguler, sebagai gantinya pemain dan timnya bertarung dalam even-even yang membentuk alur cerita mini yang dimainkan secara bertahap. Tentu ini membuat pemain bekerja bersama secara organik tergantung pada bagaimana kinerja gamer, dan juga berdampak pada region mereka, mungkin mengurangi ancaman gerombolan monster walaupun hanya untuk sementara.

Konten end game terus dikembangkan melalui pembaruan Living World secara bertahap. Yang terbaru akan mengadu karakter hero melawan naga Jormag dan icebrood-nya. Jika tidak siap untuk memenuhi tantangan itu, kalian dapat memainkan petualangan tingkat rendah tanpa menghabiskan uang, karena game inti-nya sekarang sepenuhnya gratis.

6. Black Desert Online

Black Desert Online (BDO) mempersembahkan MMORPG open-world yang luas dibuat eksklusif dengan mesin permainan eksklusif milik Pearl Abyss. Dengan pemandangan spektakuler, lingkungan realistis, dan detail canggih, masuki dunia yang diciptakan dengan grafis canggih dan bersiaplah untuk petualangan yang tak terlupakan!

BDO memiliki struktur sosial seperti berbagai konten hidup dan konten guild yang membuat pemian bersemangat memainkanya. BDO juga menawarkan salah satu sistem crafting paling luas yang pernah ada dalam genre ini. Sementara pertempuran aktif berbasis kombo terlihat menyenangkan, ada lusinan jalur karier untuk mengembangkan karakter pemain di MMO sandbox dinamis ini.

Ini semua berkat sistem simpul kompleks yang diusung Black Desert Online. Setiap wilayah dibagi menjadi beberapa simpul yang menyediakan berbagai sumber daya, sementara properti di kota-kota dapat dibeli dan diubah menjadi pandai besi, perikanan, atau depot penyimpanan. Alih-alih melakukan semua kerja keras sendiri, pemain dapat mempekerjakan pekerja tingkat atas dengan keterampilan bawaan mereka sendiri untuk melakukan pekerjaan berat.

7. Final Fantasy XIV

Final Fantasy XIV adalah salah satu MMO yang paling spektakuler di pasar, grafis mengesankan dengan kota-kota besar yang dibuat dengan indah, desain karakter yang menarik, dan adegan-adegan animasi yang fenomenal. Sisi cerita yang menarik juga menjadi nilai jualnya, termasuk karakternya yang bervariasi, menarik dan terkadang benar-benar menggemaskan, serta banyak momen plot yang mencekam.

Sistem kelas di FFXIV adalah fitur lain yang menonjol. Berbeda dengan sebagian besar MMO lain yang memaksa pemain untuk mengembangkan karakter baru setiap kali ingin mencoba kelas baru, FFXIV memungkinkan pemain meratakan semua kelas yang tersedia pada satu karakter. Kalian masih bisa membuat “alts” jika mau, tetapi itu tidak wajib seperti di game lain. Setiap kelas juga memiliki alur cerita spesifiknya sendiri, tentunya ini mendorong pemain merasakan pengalaman beragam dari perspektif berbeda.

Sistem pertarungan multi-pemain pada FFXIV menggunakan aturan MMO klasik, seperti halnya dengan World of Warcraft atau Everquest. FFXIV adalah pilihan yang bagus untuk siapa saja yang menginginkan MMORPG yang lebih tradisional dengan fokus yang lebih substansial pada kualitas cerita. Game tersedia untuk PC, PlayStation 4, dan Mac.

8. Archeage

ArcheAge mempunyai gaya MMO klasik, dengan banyak fitur quest dan faksi. Archeage adalah salah satu MMORPG terbaik dengan dunia fantastik dengan latar samudera luas penuh pulau-pulau dan daratan misterius. Ini adalah tempat yang sempurna untuk memulai kehidupan di laut lepas, di mana pemain pada dasarnya memainkan permainan bajak laut, hanya saja hewan yang dipelihara bukannya burung beo, tetapi naga.

Untuk berlayar dari timur ke barat menggunakan kapal tercepat dalam permainan bisa memakan waktu antara 45 menit dan satu jam tergantung pada bahaya seperti badai, pusaran air, makhluk laut, atau bajak laut. Bahkan ada Kraken raksasa legendaris yang berdiam di lautan utara, dan dibutuhkan seluruh serangan lebih dari 40 pemain dan harus ada puluhan kapal galleon. Jauh di bawah lautan pemain dapat menemukan bangkai kapal penuh harta karun, tentunya membutuhkan peralatan selam untuk mencapainya.

ArcheAge merupakan game gratis jadi kita bebas untuk bermain, namun ada layanan premium untuk menawarkan beberapa fasilitas, termasuk kemampuan untuk mengklaim sebidang tanah sendiri di open-world-nya dimana pemain dapat membangun rumah atau bahkan aquafarm di bawah air yang penuh ikan. Atau, ada ArcheAge Unchained, versi permainan baru yang terpisah yang memberi pemain akses ke semua fasilitas berlangganan dengan biaya satu kali. Semua versi game sangat menarik, namun kalian tentunya mempunyai preferensi sendiri.

9. The Lord of the Rings Online

Walau tidak sepopuler World of Warcraft, Lord of the Rings Online (LOTRO) nyatanya mampu bertahan lama sejak rilis tahun 2012 silam. Game ini menghadirkan dunia fantasi dari Tolkien dalam bentuk MMORPG yang memikat dan berfokus pada cerita. LOTRO cocok untuk penggemar sejati MMO maupun pemain solo.

Pencipta asli game ini – Turbin – sangat berhati-hati selama pengembangan game mengingat kualitas tinggi film Lord of the Rings itu sendiri. Selama dalam permainan, pemain akan menemukan visual banyak kota di Middle-Earth atau karakter terkenal yang dibuat secara akurat dari LOTR. Pemain dapat mengunjungi Mordor dengan segala kemegahannya, atau sekedar berjalanan di jalanan Bree yang ramai oleh para Hobbit.

Dalam LOTRO, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti menjelajahi dunia Middle-Earth, atau melakukan perdagangan seperti yang kita harapkan dari MMO, tetapi itu bukan nilai jual utamanya. Aspek menonjolnya berupa quest story-nya, aktivitas sampingan yang unik (seperti bermain dan menciptakan musik sendiri), lingkungan yang imersif (termasuk Shire yang damai), dan pengembangan karakter dari ras dan kelas yang dimainkan secara tematis.

Ingin berperan sebagai Hobbit seperti Bilbo? Lakukan saja! Bagaimana dengan sesuatu yang sedikit lebih eksotis? Cobalah ras campuran Beorning yang punya keahlian sihir. Atau mengilhami sekutu kalian dengan kekuatan musik melalui kelas Bard. Pada akhirnya, semua pilihan ada ditangan kalian. Game besutan Standing Stone Games ini gratis untuk dimainkan, sehingga tidak akan rugi dengan mencobanya.

10. Skyforge

Skyforge menonjol sebagai salah satu MMO terbaik berkat kombinasi sistem kelasnya yang unik, permainan awal yang luar biasa, dan dunia Aelion yang indah. Dengan memberi insentif pada eksperimen dan eksplorasi pribadi, pemain dapat memilih di antara 18 kelas apa pun yang telah dibuka, yang memungkinkan pemain untuk secara dramatis mengganti gaya bermain pada saat itu juga tanpa harus melalui level dari awal. Dan itu semua terjadi di salah satu dunia game paling menarik yang pernah kami temui, perpaduan elegan fantasi tinggi dan sci-fi yang terlihat tidak masuk akal.

Pemain berperan sebagai garis pertahanan terakhir antara planet Aelion dan pasukan musuh yang berusaha menghancurkannya. Biarkan musuh tahu bahwa Aelion dipertahankan! Kuasai sistem pertempuran dinamis dengan mengeksekusi serangan dan kombo yang menghancurkan, serta lepaskan kekuatan dahsyat untuk menangkis invasi! Pemain dapat mengumpulkan barang-barang khusus untuk membuat senjata baru, mempelajari keterampilan, dan meningkatkan karakter.

Kalian dapat merasakan petualangan Skyforge tanpa batas dalam mode pemain versus lingkungan (PvE) dan mode pemain versus pemain (PvP). Ada lebih dari 100 lokasi antar bintang untuk dijelajahi sendiri atau dengan pemain lainnya. Dengan pembaruan terbaru, ditambahkan kelas Firestarter (seorang pejuang kuat yang melemparkan bola api dengan kecepatan sangat tinggi), dan kalian bahkan dapat melakukan perjalanan ke planet baru yang misterius: Terra!

11. TERA

TERA adalah MMO unik dan menyenangkan dengan pertarungan fantastis dan visual yang indah. Bersiaplah untuk tantangan penuh aksi hidup kalian di TERA! Petualangan kalian di alam semesta yang menakjubkan ini akan mendorong batas genre. Dengan sistem True Action Combat – sebuah sistem pertempuran aksi dinamis – kalian harus membidik dan menghindar untuk mengeluarkan mantra, mendaratkan serangan, dan menghindari kerusakan. Pengaturan waktu dan taktik adalah kunci kemenangan dalam game ini.

Ada pilihan sebanyak 7 ras dan 13 kelas berbeda. Kalian bisa berperan sebagai seorang Berserker, Reaper, Priest, dll. Buat nama harum untuk dirimu sendiri dalam pertempuran heroik melawan pemain lain dan bergabunglah dengan teman-temanmu untuk mengalahkan BAM – Big Ass Monsters – monster besar yang haus darah dan kuat. Jelajahi dungeon yang tak terhitung jumlahnya, medan pertempuran besar, dan jelajahi dunia yang kaya dalam kualitas grafis yang memukau!

12. Secret World Legends

Secret World Legends adalah MMOPRG-aksi yang digerakkan oleh cerita yang menjerumuskan para pemain ke dalam perang bayangan melawan kekuatan supernatural, di mana mitos dan legenda kuno menyeberang ke zaman modern. Berbekal kemampuan senjata dan manusia super, pemain akan membangun kekuatan, memecahkan misteri yang mendalam, dan menghancurkan kejahatan mengerikan untuk mengungkap alur cerita yang gelap dan menawan yang melintasi dunia.

Secret World Legends membawa pendongengan ke tingkat yang baru dengan membawakan narasi yang dramatis dan membangkitkan gairah yang diisi dengan misi unik, penuh emosional, dan suasana horor. Pemain bisa memilih dari ratusan opsi kustomisasi berbeda untuk karakter, dari gudang senjata yang lengkap, perlengkapan dan pakaian, hingga sejumlah besar kekuatan supernatural dan penambahan.

Seluruh alur cerita tersedia untuk dimainkan sendiri, atau bergabung dalam pengalaman multipemain di mana pemain dari seluruh dunia dapat bertualang bersama. Pernah dikenal sebagai The Secret World, MMO yang berani tampil berbeda ini sekarang dimainkan secara gratis dengan judul baru – Secret World Legends, dan benar-benar layak dicoba jika kalian mencari sesuatu yang tidak biasa.

13. Destiny 2

Ketika Destiny 2: Shadowkeep diluncurkan, Destiny 2 PC akan pindah ke platform Steam. Para pemain PC Destiny 2 yang ada akan dapat mengimpor Guardian, gear, progres game, Silver, dan pembelian mereka sebelumnya dari Battle.net ke Steam tanpa biaya.

Destiny 2 memberikan pengalaman pertempuran penembak orang pertama (FPS) yang responsif. Pemain menjadi seorang Guardian penjaga tata surya dengan kebebasan memilih kelas yang telah disediakan, seperti Titan, Warlock, atau Hunter. Jelajahi misteri tata surya, pertahankan kota terakhir umat manusia dari kekuatan gelap di luar sistem tata surya, dan lepaskan kemampuan elemental terhadap musuh yang kuat!

Game besutan Bungie ini gratis diunduh di Steam. Jadi, segera kembangkan karaktermu dan kumpulkan senjata, baju besi, dan peralatan unik untuk menyesuaikan tampilan dan gaya bermainmu sendiri! Rasakan kisah sinematik Destiny 2 sendirian atau dengan multi-pemain, bergabung dengan Guardian lain untuk misi-misi yang menantang, atau bersaing melawan mereka dalam berbagai mode PvP.

14. Star Conflict

Sebagai MMO bertema ruang angkasa, Star Conflict secara alami menarik banyak perbandingan dengan game raksasa: EVE Online. Walaupun Star Conflict memang berbagi beberapa DNA yang sangat mendasar dengan EVE, namun perbandingan itu tidak komprehensif. Star Conflict berdiri terpisah dengan lebih fokus pada pertempuran responsif dengan tempo tinggi dan responsif. Sedangkan fitur spreadsheet dan intrik korporat-nya lebih sedikit dan tidak terlalu intens.

Star Conflict memang memiliki sistem pengembangan karakter yang kuat dan banyak aksi penjarahan yang menggoda melalui implan dan peningkatan kapal. Aspek tersebut merupakan bagian permainan yang indah, memberikan ruang yang luas dan beberapa pesawat ruang angkasa yang tampak fantastis dengan detail cantik. Ketika memperhatikan semua elemen-elemen tersebut, kalian mungkin hampir tidak percaya bahwa game ini gratis untuk dimainkan.

15. Rift

Rift adalah fantasi 3D MMORPG yang berlatar di dunia fantasi Telara yang luas. Game ini menawarkan sistem kelas yang unik dan luas, adanya rumah bagi pemain, dan even-even zona yang didasarkan pada jumlah pemain di suatu wilayah. Rift kaya fitur dan sangat cocok untuk penggemar MMORPG tradisional yang mencari dunia epik untuk dijelajahi.

Jika dibandingkan dengan World of Warcraft, gameplay, antarmuka pengguna, dan fitur quest-nya mungkin terasa serupa, tetapi Rift bukan plagiat. Game ini menawarkan sejumlah fitur tambahan, serta beberapa konsep asli. Yang paling utama adalah sistem kelas Ascended Soul. Rift menawarkan empat kelas umum, pemain memilih sampai tiga jiwa atau poin yang berfungsi seperti skill tress, dan kemudian dapat memutuskan apakah mereka ingin menyebarkan poin di beberapa skill tress atau memfokuskan semua pertumbuhan karakter mereka menjadi satu.

Fitur utama lainnya adalah Rifts, yang merupakan peristiwa yang dihasilkan secara dinamis yang terjadi pada banyak peta yang lebih besar dalam game. Pemain harus bersatu untuk menutup Rifts ini dengan mengalahkan monster dan bos yang lebih kuat.

No Responses

Write a response