15 Game Sandbox Terbaik PC

15 Game Sandbox Terbaik PC

Umumnya, game sandbox merepresentasikan permainan yang dijalankan di lingkungan dunia terbuka yang siap untuk diekplorasi, pengumpulan sumber daya, dan menampilkan sistem crafting. Game dirancang bagi gamer progresif yang berkeinginan mengambil kendali penuh atas bagaimana menjalankan permainan dengan cara yang menurut dia paling kreatif. Premisnya adalah memberi kebebasan kepada pemain untuk berkembang didalam game. Genre ini sangat populer dan menampilkan berbagai judul terlaris dan berperingkat tinggi, contohnya adalah Minecraft atau GTA. Komodobaka telah membuat telah menyusun daftar game sandbox terbaik PC. Dan tanpa mengurangi apresiasi, kami tidak memasukan dua entri tersurat dalam iterasi.

1. Garry’s Mod

Garry’s Mod merupakan game sandbox berbasis fisika dimana tidak ada tujuan dan aturan main. Ibarat kotak mainan raksasa, pengembang hanya menyediakan berbagai alat peraga, model karakter, dan berbagai item, kemudian membiarkan para pemain mengambil barang-barang favoritnya dan bermain sesukanya. Komunitas Steamnya begitu aktif dan bersemangat, berisi lebih dari 300 ribu model, peta, dan alat, semuanya gratis diunduh. Komunitas memiliki segalanya, mulai dari alat baru untuk meningkatkan konstruksi bangunan, konten yang luar biasa seperti senjata nuklir, dan telah menambahkan ratusan mode unik. Misalnya di Trouble In Terrorist Town, pemain bisa menjadi detektif yang memecahkan misteri pembunuhan dimana pelaku berusaha menutupi kejahatan mereka. Atau bermain Hide & Seek yang rumit dan membuat emosi, sebabnya pemain bisa bertransformasi menjadi benda apapun.

Sementara Elevator: Source adalah pengalaman naik elevator yang mengantarkan pemain terbang keudara udara dengan tidak masuk akal. Beberapa server multipemain dan mode permainan mungkin mengharuskan kita memiliki game lain, seperti Counter-Strike: Source dan Team Fortress 2. Garry’s Mod adalah alat desain game yang sempurna bagi pemain kreatif, melahirkan petualangan pemain tunggal, dunia multi-pemain, dan ratusan konten unik yang dibuat pemain. Studio indie Facepunch telah memberikan lab eksperimental bagi para gamer progresif dan kelas pembelajaran intuitif, sambil merangkai interaksi sosial antar gamer dengan cara menyenangkan.

2. Terraria

Sedikit mengingatkan visual pada Super NES, Terraria menampilkan dunia fantasi bergrafis piksel 2D yang dibuat secara prosedural. Gameplay berkisar antara eksplorasi, pembangunan, crafting, pertempuran, dan penambangan, hampir mirip dengan Metroid atau Minecraft. Premisnya adalah untuk bertahan hidup, mencari kekayaan, dan kemuliaan. Menyediakan mode solo dan multipemain, pemain perlu menjelajahi dunia Terraria yang terhampar luas untuk mendapatkan harta dan bahan mentah yang dapat digunakan untuk membuat peralatan, mesin, senjata, dan berbagai item baru lain. Selama perjalanan, tidak jarang bertemu musuh dan mengalami pertarungan bos yang tergantung pada beberapa faktor seperti waktu, lokasi, dan kejadian acak. Kita dapat bertarung melawan musuh dengan pedang, busur, senjata, mantra sihir, dan bantuan summon.

Mengalahkan lawan tertentu membuat game menjadi “hardmode”, yang menambah banyak musuh baru di seluruh dunia, termasuk NPC dan item baru. Kita juga bisa membangun kota sendiri untuk menampung sekutu misterius yang mungkin ditemui di sepanjang perjalanan. Selain gameplay standar, Terraria memiliki komunitas modding yang berdedikasi, saat ini difasilitasi oleh perangkat lunak buatan penggemar yang dikenal sebagai tModLoader. Re-Logic secara resmi mendukungnya dan telah merilis berbagai konten buatan mereka yang dapat diunduh di Steam bersama Journey’s End. Memadukan unsur-unsur permainan aksi klasik dengan kebebasan kreativitas bergaya sandbox, Terraria telah menjadi pengalaman bermain game yang unik di mana perjalanan dan tujuannya sepenuhnya berada dalam kendali pemain.

3. Rust

Sebagai videogame multipemain, Rust akan mengadu kecakapan antar pemain dalam lingkungan dunia yang keras dan terbuka dimana premis satu-satunya adalah bertahan hidup. Membuat aliasi dan membentuk klan tangguh dengan pemain lain akan membuat peluang survive lebih besar. Mereka akan saling bekerjasama berjuang mengatasi kelaparan, kehausan, hipotermia, mengumpulkan sumber daya, membuat crafting senjata, peralatan, dan membangun tempat berlindung. Hewan buas seperti serigala dan beruang memang bisa menjadi ancaman, tetapi bahaya utama datang dari pemain lain. Sebagian besar peta dibuat secara prosedural, kecuali Pulau Hapis, peta yang dibuat versi sebelumnya. Beberapa area spesifik bersifat radioaktif yang mematikan dengan empat tingkat radiasi, jadi pakaian yang dipakai harus mampu menjadi pelindung segala macam bahaya, bahasa kekinianya adalah APD, Alat Pelindung Diri.

Semua area bersifat kompetitif, kecuali zona aman. Disini antar pemain tidak bisa melakukan unsur kekerasan. Jika melanggar aturan, maka dia akan ditandai sebagai musuh bersama untuk jangka waktu tertentu. Sistem pertempuran dikombinasikan antara serangan jarak jauh dengan dengan busur dan serangan jarak dekat dengan senjata tajam. Elemen penting dalam Rust adalah airdrop, sebuah paket perlengkapan yang dijatuhkan melalui parasut yang dikirim oleh pesawat atau helikopter. Lokasi jatuhnya dibuat acak dan masih terkunci dalam periode waktu tertentu. Mendapatkan paket pasokan tersebut akan sulit, karena persaingan yang ketat dengan tim lain. Game memuat konten dewasa dan unsur kekerasan atau gore, sehingga pengembang membuat kebijakan norma khusus untuk gamer junior.

4. ARK: Survival Evolved

Premis utama Ark: Survival Evolved adalah bertahan hidup melalui presentasi game aksi-petualangan di lingkungan dunia terbuka bersiklus dinamis siang malam. Dimainkan dari perspektif orang ketiga atau pertama, pemain menavigasi dunia Ark, suatu ekosistem eksotis yang berisi berbagai dinosaurus dan hewan purba lain. Dibanding versi Early Access, versi penuh resmi menambahkan makhluk mitologi seperti phoenix. Protagonis harus membangun tempat berlindung, mencari sumber daya, memberdayakan teknologi yang dibutuhkan untuk sistem crafting, atau menggunakan api dan senjata untuk pertahanan diri. Pemain terikat pada berbagai faktor meteran internal, seperti kesehatan, stamina, oksigen, kelaparan, kehausan, dan berat barang yang bisa dibawa.

Salah satu mekanisme permainanya adalah menjinakkan makhluk. Mayoritas makhluk dapat dijinakkan, kecuali Meganeura atau Titanomyrma. Metode penjinakan bervariasi tergantung tipe dan tingkat keganasan mereka. Setelah jinak, pemain dimungkinkan memanfaatkan kemampuan makhluk itu, seperti terbang atau menaikinya untuk menjelajahi Ark, bahkan menggunakanya sebagai senjata. Game fiksi ilmiah ini memiliki opsi pemain tunggal dan multipemain. Multiplayer memungkinkan opsi untuk membentuk klan dimana jumlah anggotanya tergantung dari setiap server. Dalam mode ini semua dinosaurus jinak dan struktur bangunan biasanya dibagi di antara para anggota. Ada mode PvE juga yang menampilkan gameplay yang tidak terlalu intens, artinya meniadakan unsur pertarungan. Beberapa ekspansi DLC juga telah dirilis sebagai konten yang dapat diunduh, beberapa diantaranya tersedia gratis.

5. Mount & Blade II: Bannerlord

Dibesut TaleWorlds Entertainment, Mount & Blade II: Bannerlord menjadi sekuel selanjutnya dari seri Warband dengan menggabungkan game strategi dan aksi RPG bersetting 200 tahun sebelumnya dari seri pendahulunya tersebut. Tidak seperti Warband yang menggunakan sistem uang, Bannerlord menggunakan sistem poin untuk memajukan setiap elemen peraga. Bersetting di Calradic, kekaisaran mengalami kejatuhan dan terpecah menjadi delapan faksi besar, masing-masing memiliki banyak klan yang saling terlibat konflik. Hal ini selaras dengan jatuhnya kerajaan Romawi yang memunculkan pemabagian wilayah Timur Tengah, Afrika Utara, dan Eropa pada Abad Pertengahan Awal. Armor, pakaian, senjata, dan arsitektur masing-masing faksi terinspirasi di dunia nyata pada waktu tersebut.

Premisnya adalah membangun armada pasukan dan menyelesaikan quest di peta dengan pandangan overhead. Sistem pertempuran dirancang lebih dalam yang memungkinkan pemain terlibat langsung bersama pasukan dan menekankan elemen strategi dimana pemain dapat merancang taktik pengepungan benteng musuh. Bannerlord menggunakan sistem kelas untuk mengklasifikasikan pasukan: infanteri, pemanah, dan kavaleri, masing-masing dengan karakteristik tersendiri. Pengembang meningkatkan hubungan antar karakter menggunakan sistem dialog untuk berinteraksi dengan NPC. Beberapa NPC akan dibawah kendali dengan melakukan dialog biasa dan sistem barter untuk NPC level tertentu. Bahkan, sistem ekonomi dan persuasi itu bisa mengalami kegagalan dan malah memicu hubungan negatif antara pemain dengan NPC. Sekarang, uji kecakapan taktis dan keterampilan tempur kalian sebagai pemain solo atau melawan pemain dari seluruh dunia dalam berbagai mode permainan multi-pemain, mulai dari pertempuran skala kecil hingga besar.

6. Stardew Valley

ConcernedA Barone bekerja keras membangun Stardew Valley dari bawah ke atas selama 4 tahun. Sekarang, karyanya menuai kesuksesan lewat penjualan lebih dari 10 juta kopi di semua platform pada tahun 2020 dan banyak mendapat pujian kritis. Mengambil DNA dari Harvest Moon, Stardew Valley merupakan hybrid sempurna antara RPG dengan simulasi pertanian bergrafis piksel 2D untuk platform Microsoft Windows, kemudian pengembang mengepakan sayap ke macOS, Linux, konsol, dan smartphone. Dibekali plot menarik, pemain mewarisi lahan pertanian kakeknya yang terbengkalai di Pelican Town. Premisnya adalah mengubah ladang menjadi produktif dan berkembang pesat. Itu tidak akan mudah, sebab lahan dipenuhi dengan batu-batu besar dan gulma. Pemain harus bekerja untuk membersihkannya dan memulai bertani, sehingga diharapkan menghasilkan pendapatan untuk digunakan memperluas bangunan dan meningkatkan fasilitas pertanian.

Permainan ini bersifat terbuka, memungkinkan pemain untuk melakukan beberapa kegiatan seperti berladang, beternak, membuat barang, menambang bijih mineral, menjual produk, dan bersosialisasi dengan penduduk kota, termasuk pernikahan dan memiliki anak. Sistem kalender telah disederhanakan, setiap tahun hanya memiliki empat bulan dan satu bulan berisi 28 hari yang merepresentasikan pergantian musim. Mekanisme permainan ini penting untuk menentukan jenis tanaman apa yang cocok ditanam dan kegiatan apa yang memberi manfaat. Namun, dilevel yang semakin dalam tersedia fitur rumah kaca yang mampu menumbuhkan tanaman apa pun terlepas dari musim yang berjalan. Karakter dievaluasi pada tahun ketiga mereka, tetapi tidak ada batas waktu yang mengakhiri permainan. Selain mode pemain tunggal, ada mode multi-pemain hingga tiga orang secara daring.

7. Unturned

Unturned adalah game survival gratis dan sementara berisi satu DLC berbayar yang dikembangkan Smartly Dressed Games, sebuah studio Kanada yang hanya terdiri dari desainer game Nelson Sexton. Dari perspektif orang pertama, pemain menavigasi protagonis di dunia terbuka paska apokaliptik dan terlibat dalam aksi FPS, sambil menjaga agar tetap survive. Unturned menyediakan beberapa penyesuaian tingkat kesulitan dan berbagai mode permainan, semuanya mempunyai konsep dasar yang sama untuk bertahan hidup. Elemen plotnya ringan, dimana Unturned membawa pemain ke sebuah laboratorium senjata biologis yang mengalami kebocoran, mengakibatkan wabah epidemik yang mentranformasi manusia menjadi mayat hidup. Sebagai salah satu korban yang selamat, protagonis akan membantu mengendalikan wabah dan mencari korban.

Faktor kesehatan, pasokan makanan, ketersediaan air, dan tingkat radiasi, harus terus dijaga. Paparan radiasi dapat diperoleh dari kontak dengan zombie atau memasuki “deadzone” tanpa perlindungan hazmat yang layak. Tidak ada vaksin atau obat penyembuhan disini. Dimainkan solo atau multi-pemain sebagai opsi, pemain harus menemukan senjata dan persediaan untuk bertahan hidup melawan zombie. Opsi multiplayer tersebut telah menciptakan platform untuk beragam jenis permainan, seperti survival, roleplay, kreatif, paintball, dll. Saat pemain melanjutkan permainan, mereka mendapatkan poin pengalaman EXP yang kemudian dapat digunakan untuk peningkatan. Kalian bisa mendapatkan berbagai item khusus, kendaraan, baju besi, senjata, dan konten lain lain dari mod untuk meningkatkan atau mengubah pengalaman dasar bermain.

8. Human: Fall Flat

Human: Fall Flat memadukan permainan puzzle fisika yang menguji ketajaman otak, game platformer 3D yang membutuhkan refleks dan presisi, dan sebagian mekanisme gerakan karakternya terilhami dari disiplin parkour. Pemain mengendalikan Bob, sebuah karakter manusia serba putih minimalis bertopi baseball. Untuk estetika, pemain dapat menyesuaikannya dengan gaya mereka sendiri, mengecat tubuhnya dengan beragam warna, mengenakan berbagai kostum, dan mengimport fitur wajah pemain melalui webcam. Bob manusia normal tanpa kekuatan super, tetapi dipasangi alat khusus untuk melakukan hal-hal yang tidak biasa.

Bob akan melintasi ban berjalan yang bergerak, roda penggerak yang sangat besar yang dihalangi tembakan api, dan berbagai elemen platformer lain. Semua level membawa unsur risiko, tetapi juga memberi tantangan yang menyenangkan dan tidak jarang memberi unsur kelucuan. Setiap level bertema berbeda, masing-masing berisi beberapa solusi untuk teka-teki unik mereka. Berbagai item tersembunyi di dalam dunia game memberikan petunjuk kepada pemain untuk mempelajari gameplay dan akhirnya memecahkan teka-teki, tentu ini menjadi replayability yang positif. Eksplorasi, kecerdikan, dan refleks adalah kunci penyelesaian level. Tentukan nasib Bob melewati berbagai rintangan dan mencari jalan keluar melalui mode solo atau multiplayer hingga 8 pemain!

9. The Forest

The Forest dirilis resmi Endnight Games untuk Microsoft Windows pada 2018 setelah melewati periode beta Early Acces selama 4 tahun. Permainan dirancang khusus untuk pemain tunggal dari perspektif orang pertama dan menampilkan permainan nonlinear di lingkungan dunia terbuka, tanpa misi yang ditetapkan urutanya. Premisnya adalah memberdayakan pemain untuk membuat keputusan sendiri untuk bertahan hidup. Sebagai penyintas, protagonis Eric LeBlanc yang selamat dari kecelakaan jet pepumpang, berjuang bertahan hidup di semenanjung berhutan misterius mencari putranya Timmy dan berhadapan dengan masyarakat mutan kanibalistik. Perilaku mereka sedemikian agresif, terutama saat malam tiba. Saat awal permainan, pengembang memaksa pemain untuk mempertanyakan apakah mereka sebagai musuh atau sebaliknya.

LeBlanc dibekali buku panduan panduan berisi cetak biru berbagai konstruksi sederhana, daftar tugas apa yang harus dilakukan, dan sebagai catatan informasi flora fauna yang ditemui. Game aksi-petualangan ini juga menampilkan siklus siang dan malam. LeBlanc harus membangun tempat berlindung dan perangkap, membuat crafting peralatan atau senjata, eksplorasi hutan belantara atau gua-gua, berburu binatang, dan mengumpulkan persediaan di siang hari. Saat malam, dia harus mempertahankan diri terhadap mutan. Semua item yang dikumpulkan termuat dalam sistem inventaris yang bisa diakses kapan saja. Sementara sebagian besar bangunan mempunyai opsi sebagai penyimpan progres permainan, mekanisme ini menggantiakn fitur penyimpanan otomatis. The Forest adalah simulator horor survival paling mengensankan saat ini.

10. Arma 3

ARMA 3 menawarkan videogame militer dunia terbuka berbasis realisme bagi pemain tunggal dan multipemain. Bersetting tahun 2030-an, kampanye pemain solo membawa pemain menavigasi tentara AS Ben Kerry di pulau Altis dan Stratis menghadapi berbagai misi infiltrasi dan perang terbuka. Ada lebih dari 20 kendaraan untuk dikendarai, dan 40 senjata dilengkapi sistem kustomisasi termasuk penyesuaian jarak tembak, dan konten-konten yang dibuat dari modder kreatif via Steam Workshop. Dengan jumlah konten berlimpah, Arma 3 menggerakkan pemain ke dalam salah satu dunia militer gabungan terbesar di PC.

Pemain bisa mengendarai tank melintasi daratan berdebu kemudian beralih terbang dengan helikopter dan jet, menjadi sniper yang beraksi dalam bayang-bayang, atau melakukan peperangan asimetris dari perbukitan berbatu, semua mekanisme pertempuran bisa dilakukan disini. Dari konten resmi, mode multiplayer mengharuskan pemain membentuk aliansi pasukan dan melawan tim lain dalam skenario Defend and Seize. Sementara para modder juga tidak kalah kreatif, mereka menyediakan Arma 3 Zeus, DayZ atau Battlegrounds PlayerUnknown untuk pertempuran kompetitif real-time. Arma 3 memberikan peningkatan animasi baru yang halus, suara yang ditingkatkan, simulasi ragdoll baru, kendaraan yang didukung PhysX, dan mengusung Real Virtuality 4 untuk grafis yang lebih menakjubkan, sehingga memberikan gameplay simulasi peperangan realitis.

11. Fallout 4

Fallout 4 merupakan RPG yang dipasang pada lingkungan dunia terbuka paska apokaliptik perang nuklir. Gameplay mirip dengan dua iterasi utama pendahulunya, namun pengembang telah mengembalikan fitur yang dirindukan para gamer: tampilan kamera yang dapat beralih antara perspektif orang pertama dan ketiga. Mereka juga menambahkan sistem base-building, sistem dialog yang menampilkan lebih dari 100 ribu garis dialog, dan sistem crafting yang mengimplementasikan setiap objek yang dapat dijarah dalam permainan. Sama-sama dikembangkan Bethesda, Fallout 4 mengusung mesin identik yang menggerakan Skyrim. Engine memberikan peningkatan grafis yang signifikan, seperti mekanisme hujan membuat dunia permainan menjadi basah oleh tetesan air, atau tiupan angin yang menggerakan ranting pepohonan, kain, dan rambut. Artikulasi visual tersebut memberikan gameplay yang imersif.

Premisnya adalah perjuangan untuk bertahan hidup, dan setiap pilihan nasib protagonis sepenuhnya ditangan pemain. Dunia terbuka Wasteland memberikan ratusan lokasi untuk dijelajahi, karakter, dan quest. Kalian bisa bergabung dengan faksi yang bersaing untuk mendapatkan kekuasaan atau berjuang sendirian. Pertempuran dari perspektif orang pertama atau ketiga yang intens juga dapat diperlambat dengan sistem mekanik baru (V.A.T.S) yang memungkinkan pemain memilih serangan dan menikmati pertarungan sinematik.

12. Subnautica

Subnautica adalah game aksi-petualangan fiksi ilmiah yang dimainkan di dunia terbuka besutan Unknown Worlds Entertainment. Tujuan utamanya adalah bertahan hidup sambil menyelesaikan quest untuk menggerakan plot. Sementara mekanisme survivalnya diperlukan eksplorasi bawah laut, mengumpulkan sumber daya, membuat crafting peralatan dan membangun fasilitas pendukung kehidupan. Aurora, sebuah pesawat luar angkasa yang ditumpangi protagonis jatuh di permukaan samudera planet asing yang masih diberi nama berdasar koordinat, sama asingnya dengan penghuni aslinya. Lingkungan Subnautica berkisar dari lautan, terumbu karang dangkal yang bermandikan sinar matahari, parit laut dalam yang berbahaya, lubang-lubang lava, dan sungai bawah air bio-luminescent. Ada juga dua pulau yang bisa dieksplorasi, namun permainan kebanyakan terjadi di bawah air.

Siklus siang dan malam juga akan mempengaruhi visibilitas. Saat matahari terbenam, predator ganas akan keluar membuat lautan menjadi tidak ramah lagi bagi mereka yang tidak siap dalam kegelapan. Saat awal masuk permainan, pemain bisa memilih 4 tingkat kesulitan, sementara level tersulitnya adalah mode survival. Mode ini mengharuskan pemain harus mengelola kesehatan, kelaparan, haus, dan oksigen. Jika pemain mati, mereka respawn, tetapi item-item tertentu hilang permanen dari sistem inventaris mereka. Pengembang yang sama juga telah merilis sekuelnya yang berjudul Subnautica: Below Zero. Saat ini dalam tahap Early Access, sehingga bisa dikatakan masih ada pembaruan dan peningkatan berbagai aspek.

13. Don’t Starve Together

Secara teknis, Don’t Starve Together sebenarnya merupakan ekspansi mandiri dari game survival bertema hutan belantara sebelumnya: Don’t Starve. Klei Entertainment merilisnya saat masa-masa keemasan genre survival berlangsung, sementara genetika permainan dipengaruhi oleh Minecraft dan film Tim Burton. Don’t Starve merupakan hybrid aksi-petualangan dengan dunia terbuka bergrafis kartun 3D yang unik, sementara karakternya dirancang dengan gaya 2D. Gameplaynya cenderung seperti roguelike yang terkadang membuat pemain frustasi. Ada banyak cara membuat protagonis mati permanen, dalilnya adalah level kesulitan yang tinggi. Saat pertama masuk permainan, tidak ada instruksi apapun untuk didapati. Namun, kalian akan segera tahu apa yang harus dilakukan.

Pemain mengendalikan seorang ilmuwan bernama Wilson yang menemukan dirinya dalam dunia terbuka bernuansa suram. Seperti judul yang tersurat, premisnya adalah bertahan hidup selama mungkin. Wilson harus menjaga kesehatan, makan, dan stabil secara mental saat ia menghindari berbagai musuh nyata dan supranatural yang akan mencoba membunuh dan melahapnya. Gameplay digerakan melalui 2 fase: siang dan malam. Siang adalah waktu untuk menjelajah, crafting peralatan dan senjata, bertani atau berburu mengumpulkan sumber daya, dan konstruksi bangunan tempat berlindung. Fase malam adalah saatnya mempertahankan diri dari serangan makhluk-makhluk tersebut. Wilson harus belajar untuk mengeksplorasi lingkungan, mengeksploitasi sumber daya, dan mempelajari perilaku penduduknya jika dia berharap menemukan jalan pulang.

14. Cities: Skylines

Colossal Order menetapkan standar baru bagi genre simulasi pembangunan kota modern. Game manajemen ini memperkenalkan elemen-elemen permainan baru untuk mewujudkan sensasi dan kesulitan menciptakan kota secara realistis sembari mengembangkan tata kota yang lebih mapan. Sebagai walikota, pemain dihadapkan dengan keseimbangan tata kelola kota seperti pendidikan, listrik, air, polisi, transportasi, pemadam kebakaran, perawatan kesehatan dan banyak lagi bersama dengan sistem ekonomi riil. Bangunan di kota memiliki berbagai tingkat pembangunan tertentu untuk meningkatkan area lokal, tentunya level yang lebih tinggi memberikan lebih banyak manfaat bagi kota. Misalnya areal perbelanjaan komersial akan naik level jika penduduk terdekat lebih berpendidikan. Hal ini membuat lebih banyak karyawan untuk dipekerjakan dan pada giliranya akan meningkatkan pendapatan pajak.

Warga di kota juga akan bereaksi dengan alami, dimana jumlah popoulasi akan semakin meningkat seiring skenario permainan yang dijalankan secara baik. Pengembang berkomitmen untuk terus mendukung sekuel di masa depan, sedangkan para modder akan memberikan tambahan konten yang baru. Dengan integrasi Steam Workshop, sejumlah besar replayability yang dimiliki game inti secara otomatis menjadikanya lebih lebih besar. Sehingga, para walikota virtual punya banyak cara bagaimana mengelola kotanya.

15. Red Dead Redemption 2

Red Dead Redemption 2 merupakan entri ketiga dalam seri Red Dead yang dinanti-nanti para koboi virtual. Ini adalah game aksi-petualangan yang dibesut oleh Rockstar Games. Permainan berlatar tahun 1899 dalam sebuah representasi fiksi dari daratan Amerika dan mengikuti pelanggar hukum Arthur Morgan sebagai protagonis. Arthur harus berurusan dengan pasukan pemerintah, geng saingan, dan musuh lainnya. Gamepaly disajikan melalui perspektif orang pertama atau ketiga, dan pemain dapat bebas mengeksplorasi di dunia terbuka interaktifnya. Mekanisme permainanya termasuk tembak-menembak, pencurian, berburu, menunggang kuda, berinteraksi dengan NPC, dan mempertahankan status “kehormatan dan moral” protagonis.

Sebuah sistem khusus “wanted” mirip dari waralaba GTA juga dipasang untuk mengatur respon penegak hukum dan pemburu hadiah untuk memburu si pemain. Setiap pilihan yang dibuat pemain akan mempengaruhi cerita dan misi. Namun, momen-momen tertentu dalam plot juga akan memberikan pemain opsi untuk menerima atau menolak misi tambahan. Sementara sisi grafis dan teknis mengalami peningkatan untuk imersi yang lebih dalam, Red Dead Redemption 2 untuk PC memanfaatkan sepenuhnya kekuatan PC untuk menghidupkan setiap sudut dunia yang lebih terperinci dan berkualitas lebih tinggi, dan memberikan semua detail objeknya begitu realistis.

No Responses

Write a response