15 Game Open World Terbaik di PC

15 Game Open World Terbaik di PC

Kita berada di zaman keemasan game open world yang menitikberatkan pada gaya sandbox, sebuah tempat luas bagi gamer untuk menyelesaikan cerita, quest, dan misi dengan kebebasan mereka sendiri. Dari dunia fantasi hingga realisme yang disimulasikan, dari kota-kota modern hingga daerah terlantar pasca-apokaliptik, permainan dunia terbuka terbaik memberi para pemain kebebasan untuk memilih jalur mereka sendiri, melakukan apa yang mereka inginkan dan kapan pun mereka inginkan. Aplikasi permainan tersebut perlahan akan menghabiskan waktu luang mulai dari puluhan hingga ratusan jam, dan membawa ke dunia tanpa akhir untuk petualangan yang aneh dan memikat. Berikut adalah game open world terbaik di PC.

1. The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher: Wild Hunt adalah RPG dunia terbuka yang digerakan oleh narasi fantasi yang menakjubkan dan setiap keputusan yang dipilih akan memberi konsekuensi yang nyata. Dengan REDengine 3 menjadikan dunia fantasi The Witcher bernuansa organik dan tampak nyata. Dibangun untuk petualangan tanpa akhir, The Witcher menetapkan standar baru dalam hal ukuran, kedalaman, jumlah konten, kompleksitas, kaya dengan pilihan alur cerita utama dan subplot, serta memberikan gameplay sekitar 420 jam. Apalagi dengan DLC yang ditawarkan seperti Blood and Wine atau Heart of Stone yang memberikan cerita dan permainan ekstra berkualitas tinggi. Protagonisnya adalah pemburu monster profesional Geralt dari Rivia yang ditugaskan mencari anak nubuat dengan menjelajahi kota-kota dagang, pulau bajak laut, jalur gunung berbahaya, dan gua-gua misterius. Dilatih sejak masa kanak-kanak, Geralt mempunyai keterampilan, kekuatan, refleks manusia super, dipersenjatai dengan berbagai senjata yang dapat diupgrade, dan telah bermutasi menjadi penyihir kuat. Sistem pertarunganya sederhana dan mudah dikuasai, dia akan bertarung melawan berbagai binatang buas, monster, penguasa yang ganas, roh-roh liar, hingga pemangsa supranatural yang bersembunyi di bayang-bayang kota-kota padat penduduk. Sistem cuaca yang dinamis dan siklus siang malam mempengaruhi perilaku warga kota dan monster-monster di alam, memberikan atmosfer dan tantangan menarik. Setelah Netflix menggoda kita dengan film seri the Witcher, adakah yang menginstal ulang dan mencoba menentukan nasib dunia yang mungkin tidak layak untuk diselamatkan?

2. Euro Truck Simulator 2

Meski dirilis tahun 2012 silam, gameplay dan presentasi berkelas dari Euro Truck Simulator 2 menetapkan standar baru untuk genre simulasi. Aplikasi besutan SCS Software ini masih banyak yang memainkanya hingga kini, apalagi banyaknya konten yang berisi 70 DLC tentang berbagai kota-kota besar dunia yang dibuat secara prosedural dan tersedianya stir gaming dipasaran. Kita juga bisa memanfaatkan fitur tambahan dari Euro Truck Simulator 2 dengan bergabung dengan komunitas online di World of Trucks, pusat bagi pengemudi truk virtual dari seluruh dunia yang tertarik dengan Euro Truck Simulator 2 dan simulator truk SCS Software lain. Tujuanya adalah mengembangkan bisnis kargo menjadi yang terbesar. Kalian memulai dengan membangun armada truk sendiri, membeli garasi, menyewa pengemudi, menyelesaikan pengiriman barang, dan mengelola perusahaan untuk mendapat keuntungan maksimal. Pengembang menyediakan sejumlah variasi penyetelan truk mulai dari mesin, sasis, ban, cat kendaraan, hingga aksesoris. Bepergian melintasi lanskap yang terkenal di kota-kota Eropa sebagai raja jalanan atau mengemudikan truk untuk mengirimkan kargo penting melintasi jarak ribuan mil adalah pengalaman mengesankan. Euro Truck Simulator 2 benar-benar akan menguji daya tahan dan keterampilan mengemudi. Ada juga mekanika perubahan cuaca dan waktu, jadi sopir harus lebih hati-hati ketika berjalan diwaktu malam dengan hujan lebat tanpa harus mengalami penundaan atau keterlambatan jadwal. Jangan lupa untuk istirahat, isi bahan bakar, dan memperhatikan batas kecepatan atau rambu.

3. Rust

Rust merupakan salah satu game survival paling kejam di Steam, dan itulah yang membuatnya begitu menarik. Satu-satunya tujuan di Rust adalah untuk bertahan hidup dengan segala cara. Kita perlu berjuang mengatasi rasa lapar, haus, dingin, membuat api, membangun tempat berlindung, mencari sumber daya, dan melindungi diri dari pemain lain atau kelompok lain. Sebagaimana manusia itu merupakan makhluk sosial, kita tidak bisa menikmati bermain solo tanpa komunitas dalam mode multi-pemain. Tapi jangan salah, komunitas berisi orang-orang dengan banyak kepribadian. Pemain lain mungkin akan membantu kita, namun kebanyakan dari mereka hanya membunuh tanpa alasan. Giliran kita membunuh, mereka bisa sangat agresif melontarkan makian verbal dalam obrolan suara. Untuk memperbesar peluang bertahan hidup, kalian bisa membuat aliansi dengan pemain lain dan membangun kota. Hal lain yang harus diwaspadai adalah bahwa orang-orang dapat menyerang markas dan mencuri semua apa yang ada di kotak penyimpanan kalian. Jadi, akan bagus bila ada rekan setim yang pandai memakai panah. Game crafting-survival ini hanya bisa diakses bila ada server online, jadi kita tidak bisa memainkanya tanpa koneksi internet.

4. ARK: Survival Evolved

Ketika seorang pria atau wanita yang kedinginan dan kelaparan terdampar di pantai sebuah pulau misterius bernama ARK, tidak ada hal lain yang harus dilakukan kecuali berburu, mengumpulkan sumber daya, mencari pasokan air bersih, menyalakan api, dan menanam tanaman sambil terus berusaha bertahan hidup. Gunakan keahlian crafting dalam membuat senjata dan keterampilan berburu untuk membunuh atau menjinakkan dan membiakkan dinosaurus leviathan atau lebih dari 100 makhluk purba lainnya yang berkeliaran seperti Raptor, Pterodactyl, bahkan T-Rex. Kita dapat melatihnya, memberi makanan, dan menungganginya untuk menyerang koloni lain atau menjelajah daerah berbahaya. Semua tindakan fisik membutuhkan biaya makanan dan air, jadi kalian harus mengelola dengan efisien. Inventory yang berlebihan membuat kita bergerak lebih lambat, dan siklus siang malam bersama dengan pola cuaca acak menyebabkan lebih cepat lapar atau haus. Dengan hutan rimba pohon dan daerah kaya mineral, kita bisa mendapatkan log kayu, logam, dan sumber daya berharga lainnya untuk membuat struktur bagunan yang kuat. Tempat perlindungan akan mengurangi dampak keganasan cuaca ekstrem dan memberikan keamanan bagi pemain dan barang simpanan. Barang kerajinan berbagai pakaian dan pelindung juga dapat disesuaikan untuk mengekspresikan gaya. Kita dapat memainkan mode solo atau multi-pemain, dan membawa karakter atau item di antara server yang dihosting pemain tidak resmi.

5. Mount & Blade II: Bannerlord

Mount & Blade II: Bannerlord adalah sekuel perpaduan aksi RPG dan strategi yang menampilkan simulator pertempuran zaman medieval di dunia Calradia yang dirancang dengan indah. Jika dibandingkan dengan seri pertama Warband, sistem pertarungan sekarang lebih terperinci, lebih dalam, mudah dipelajari tetapi sulit dikuasai. Permainan yang masih dalam tahap Early Access memberikan kebebasan membuat plot jalur sendiri untuk berkuasa dalam petualangan sandbox dinamis di mana tidak ada dua permainan yang sama. Dengan perspektif orang pertama atau ketiga, pilihan karakter yang dibawakan bisa ditingkatkan keterampilan dan disesuaikan dengan gaya bermain. Setiap unit dengan masing-masing dengan AI terperinci mereka sendiri yang dibawa ke medan pertempuran akan mengalami kebrutalan pertempuran abad pertengahan. Dengan fitur Editor yang disediakan pengembang untuk komunitas yang berdedikasi, modder dapat dapat menafsirkan ulang Calradia atau menciptakan dunia mereka sendiri untuk mengalami petualangan yang sama sekali berbeda dari kreasi sendiri. Pantau terus ketersediaan barang yang pasang surut dalam ekonomi feodal yang disimulasikan, di mana harga komoditi bisa berfluktuasi antara pasokan dan permintaan. Selain mode solo, kita bisa menguji kecakapan taktis dan keterampilan tempur melawan para pemain dari seluruh dunia dalam berbagai mode permainan multi-pemain, mulai dari pertempuran skala kecil hingga skala besar sampai ratusan pemain.

6. Monster Hunter: World

Dalam franchise Monster Hunter, pemain mengambil peran sebagai pemburu dan pembunuh monster ganas dalam ekosistem yang hidup dan dirancang dengan grafis memukau. Ada elemen interaktif, sehingga pemain dapat menggunakan lanskap dan penghuninya yang beragam untuk mendapatkan keunggulan. Sebagai pemburu dengan keterampilan yang bisa disesuaikan, pemain akan melakukan ekspedisi untuk berburu monster di berbagai habitat eksotis atau berbagai lokasi terbuka yang penuh dengan satwa liar, dan binatang-binatang buas. Bahan-bahan yang diperoleh dalam berburu atau dari bagian tubuh monster bisa digunakan membuat senjata dan baju besi yang lebih kuat untuk memburu monster yang bahkan lebih besar dan berbahaya. Ada empat belas senjata berbeda, masing-masing dengan karakteristik dan serangan yang unik. Dengan tutorial yang minimalis, pemain baru mungkin akan mengalami kesulitan saat pertama kali bertarung epik melawan monster. Ada main quest, side quest, even quest, dan tugas khusus. Setelah memilih misi, pemain akan mendapatkan semacam panduan yang divisualisasikan oleh lalat untuk menunjukan jalur, tetapi mereka cepat atau lambat akan membuat binging. Sambil menjalankan ekspansi Iceborne dan menunggu ekspansi-ekspansi lain, pemain dimungkinkan berburu sendiri atau bekerja sama dengan tiga pemain lain dalam mode co-op multi-pemain global.

7. Red Dead Redemption 2

Bersetting di Amerika tahun 1899, sekuel kedua dari Red Dead Redemption memperjalankan Arthur Morgan dan geng Van der Linde sebagai pelanggar hukum dalam pelarian. Dengan agen-agen federal dan para pemburu hadiah terbaik di negara ini yang memburu mereka, geng tersebut harus merampok, mencuri, dan bertempur untuk bertahan hidup. Ketika perpecahan internal yang semakin dalam mengancam untuk menghancurkan geng, Arthur harus membuat pilihan antara cita-citanya sendiri dan kesetiaan kepada geng yang membesarkannya. Dengan konten Story Mode tambahan, Red Dead Redemption 2 memberikan kebebasan bagi para pemain untuk merunut jalur unik mereka sendiri dalam melacak penjahat yang dicari, menciptakan bisnis sebagai pedagang, atau menggali harta eksotis sebagai kolektor. Dengan semua peningkatan grafis dan teknis baru untuk imersi yang lebih dalam, permainan aksi-petualangan pemenang perhargaan lebih dari 175 Game of the Year Awards ini mampu menghidupkan setiap realisme sudut dunia game yang lebih masif dan terperinci, serta karakter kharismatik yang lebih hidup.

8. Assassin’s Creed Odyssey

Dalam peradaban Yunani kuno, seri Assassin’s Creed Odyssey memperjalankan Alexios atau Kassandra sebagai tentara bayaran dalam upaya membalas dendam. Ketika pemain menjelajahi lingkungan, mereka berinteraksi dengan karakter, menyusup ke benteng musuh, dan membunuh target menggunakan pedang, tombak, atau busur dalam pertempuran jarak dekat dengan perspektif orang ketiga. Atau memilih bergerak senyap untuk membenamkan belati secara diam-diam ke dada musuh. Ada sejumlah adegan cutscene yang menggambarkan aksi kekerasan atau gore yang lebih intens seperti efek percikan darah. Memberi tag, membidik, dan mengunci target sekarang menjadi jauh lebih alami. Fitur Extended View memberi kita perspektif lingkungan yang lebih luas, sementara Dynamic Light dan Sun Effect benar-benar membenamkan kita di bukit pasir sesuai dengan tempat mengatur pemandangan. Selain mempertahankan gameplay permainan inti dan elemen RPG seperti penyesuaian karakter atau perlengkapan dan kapal, Ubisoft memperkenalkan fitur baru berupa pertarungan skala besar yang menampilkan ratusan pasukan Athena dan Sparta. Berkat sistem dialog baru dan plihan yang dibuat, setiap keputusan akan berdampak pada pengembaraan Assassin dengan banyak ending cerita.

9. Subnautica

Subnautica adalah game petualangan bawah laut planet asing yang menampilkan dunia terbuka penuh dengan keajaiban, misteri, sumber daya, dan bahaya. Kapal angkasa mendarat darurat di samudera asing, dan satu-satunya cara untuk bertahan hidup dan keluar dari planet asing tersebut adalah menjelajahi kedalaman lautan, menyuling air, mencari makanan, membuat crafting peralatan, dan memperbaiki kapal. Semakin dalam dan jauh menyelam, semakin besar bahaya dan peluang menemukan sumber daya langka yang berguna untuk membuat item khusus. Saat matahari terbenam, predator ganas akan keluar. Lautan tak kenal ampun bagi mereka yang terjebak dalam kegelapan. Area yang aman dijelajahi di siang hari menjadi berbahaya di malam hari, tetapi juga mengungkapkan keindahan yang tidak akan pernah dilihat orang yang bersembunyi dari kegelapan. Bangun pangkalan di dasar laut untuk menyimpan sumber daya, memarkir kendaraan selam, dan mengisi kembali pasokan oksigen. Bongkar misteri tentang ppa yang terjadi dengan planet itu, penyebab kapal crash, kenapa kehidupan laut terinfeksi, siapa yang membangun struktur misterius yang tersebar di sekitar lautan, dan temukan cara untuk keluar dari planet ini hidup-hidup. Subnautica dirancang oleh Unknown dan berisi lampu berkedip yang mungkin membuatnya tidak cocok untuk orang dengan epilepsi fotosensitif atau kondisi tertentu lainya.

10. Conan Exiles

Dikembangkan oleh Funcom, Conan Exiles merupakan permainan survival yang digerakan di dunia terbuka bergaya sandbox, ukuran yang masif, dan visual dibuat detail. Dari bukit pasir di gurun selatan, rawa timur yang misterius, dan pegunungan yang tertutup salju di utara yang beku, pemain bisa merasakan kebebasan penuh bereksplorasi. Protagonis harus bertahan hidup dalam suhu dingin, mengumpulkan sumber daya, membuat senjata dan berbagai alat, menjelajahi dungeon yang penuh dengan harta rampasan, mengembangkan karakter dari petani rendahan hingga menjadi orang barbar yang perkasa, dan berjuang untuk mendominasi musuh lewat perang pengepungan epik. Selama membangun rumah, koloni, dan membuat pertahanan, berbagai jenis monster dan penghuni NPC lainya akan menyerang dan mencoba menghancurkannya. Lawan mereka menggunakan sistem pertarungan berbasis kombo yang berorientasi pada aksi. Untuk menjadi petarung terhebat, kita harus menguasai menguasai seni pertarungan sejati dan belajar menggunakan busur, pedang atau kapak. Conan Exiles dapat dimainkan dalam single-player penuh, co-op, atau multiplayer online. Kita juga dapat mengunduh lebih dari 450 mod langsung dari Steam untuk menyesuaikan pengalaman gaming, atau membuat sendiri lewat Editor Conan Exiles Unreal.

11. Far Cry 5

Tidak seperti seri sebelumnya, konsep Far Cry 5 terlihat berbeda ketika kita bisa mengakses seluruh wilayah segera setelah menyelesaikan misi tutorial. Protagonis dimungkinkan segera berekspedisi, mengemudikan kendaraan, dan menjelajahi lanskap Montana yang padat. Kali ini kita dapat memiliki singa gunung, anjing, atau beruang untuk dipelihara. Sisi plot terlihat menarik, seorang antagonis psikopat terobsesi dengan ideologinya yang gila dan berpikir dirinya sebagai seseorang yang dipilih oleh Tuhan. Dia mempengaruhi orang-rang dengan pemahaman sesatnya dan telah mengambil alih daerah dengan dukungan orang-orang yang dicuci otak secara paksa. Walaupun antagonis merupakan seorang psikopat, tetapi beberapa dialog benar-benar mencerminkan realitas dunia sekarang. Tetap mengambil perespektif orang pertama, hal-hal menarik dalam permainan ini adalah pertempuran dan misi pembebasan dimana protagonis berusaha menyelematkan orang dan merebut kembali pos-pos dari kultus satu per satu. Grafik juga bagus seperti yang kita harapkan dari game modern yang memberikan visual detail, gameplay yang rapi dan mudah dikuasai, namun Ubisoft mengurangi penekanan pada elemen animasi dan sistem crafting.

12. Mad Max

Di dunia Mad Max yang mempunyai atmosfer suram dan dipenuhi pemandangan yang mengerikan, namun entah bagaimana lanskap yang dikelilingi gurun berpasir dan areal industri yang telah hancur tersebut masih menyisakan keindahan. Pasca-apokaliptik hebat di mana mobil adalah kunci untuk bertahan hidup, Max akan menjelajahi dan beraksi di dunia terbuka yang penuh bahaya dalam perspektif orang ketiga. Protagonis harus berjuang untuk tetap hidup di The Wasteland dan menembakkan peluru dari senapan mesin atau penyebur api yang dipasang di mobil melawan gerombolan bandit ganas. Pemain ditantang dengan misi berbahaya saat mereka mencari lanskap berbahaya untuk persediaan untuk membangun kendaraan tempur tangguh. Seharusnya tidak mengejutkan bahwa sebagian besar permainan adalah tentang perang kendaraan, akan penuh adegan aksi ketika menghadapi gerombolan War Boys, Buzzards, dan psikopat lainnya di tanah yang tandus dan kosong. Sesuaikan mobil kalian untuk menjadikannya punya lapisan pertahanan kuat dan daya destruktif sebesar mungkin. Atau ketika sedang tidak menghidupkan mesin berokatan tinggi itu, penjelajahan dengan berjalan kaki dan pertarungan jarak dekat masih menyediakan jam-jam menyenangkan yang memicu adrenalin.

13. The Elder Scrolls V: Skyrim

Pemenang lebih dari 200 Penghargaan Game of the Year, Skyrim Special Edition menghadirkan roleplaying fantasi epik dalam detail yang memukau. Edisi Khusus mencakup permainan yang diakui secara kritis dan add-on dengan semua fitur baru seperti seni dan efek remaster, kedalaman bidang yang dinamis, quests baru, lingkungan, karakter, dialog, armor, senjata, dan banyak lagi. Bethesda melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan menciptakan dunia yang terinspirasi dari Norse dengan banyak keanekaragaman lingkungan. Setiap wilayah memiliki tampilan dan nuansa unik yang menjadikan Skyrim salah satu dunia terbuka paling menarik untuk dijelajahi. Betapa indah pemandangan pegunungan yang tertutup salju, hutan lebat di selatan, dan dataran tinggi yang dipenuhi geyser di timur. Beragam pemandangan yang akan kita temui membuat perjalanan panjang dan sulit di seluruh dunia terasa sangat menyenangkan. Skyrim dirancang dengan banyak cerita, bahkan setelah bermain lebih dari 150 jam dari permainan inti, cerita utama mungkin belum selesai, masih menyisakan quest yang bisa ditemukan, masih banyak makhluk-makhluk undead dan bandit yang harus dilawan, NPC yang meminta bantuan, atau pertarungan epik melawan naga. Sambil menunggu the Elder Scrolls 6, sementara kita bisa mengalami pengalaman dengan cerita segar dan tanpa batas dengan mod.

14. Assassin’s Creed Origins

Pernah bertanya-tanya dari mana asalnya para Assasins bersenjata belati? Assassin’s Creed: Origins memiliki semua jawaban, dan bukan kebetulan bahwa seri Assassin’s Creed merupakan salah satu game dunia terbuka terbaik dengan elemen stealth. Atmosfer lingkunganya begitu hidup ketika kita dapati segerombolan orang-orang melakukan kegiatan di sudut-sudut setiap kota dan desa, dengan NPC melakukan tugas sehari-hari mereka, dan saat protagonis berkeliling sebagai seorang Bayek kuat yang lama-lama terjerat dalam misteri piramida dengan melibatkan cerita yang padat. Kita merasa terdorong untuk menemukan setiap lokasi di peradaban Mesir kuno yang indah dan mengakses fast travel, menghabisi setiap kamp musuh dan sarang binatang, bertempur melawan faksi kuno yang berbahaya, menjarah harta dan senjata, menyelesaikan semua misi sampingan, dan tentu saja semua misi utama. Sangat menyenangkan melihat apa yang ada di dunia Firaun yang penuh mitos, mendapatkan XP dan naik level untuk mendapatkan senjata dan perlengkapan yang lebih baik dan menjadikan Bayek sebagai badass ulung atau bertemu NPC baru yang menarik. Apalagi ketika harus melawan bos-bos yang kuat dan mempunyai kekuatan unik.

15. Middle-Earth: Shadow of War

Dengan Sistem Nemesis yang memenangkan penghargaan, Shadow of War menciptakan kisah-kisah yang unik dengan setiap musuh dan pengikut, serta menghadapi kekuatan gelap Sauron dan Ringwraiths-nya dalam kisah baru Middle-Earth epik. Premis game yaang terinspirasi dari LOTR ini adalah pergi di belakang garis musuh untuk menempa pasukan, menaklukkan benteng dan mendominasi Mordor dari dalam. Pertemuan protagonis dengan setiap orc memiliki potensi untuk berubah menjadi cerita epik, namun pertama-tama kita harus mengalahkan dan melakukan dominasi atasnya. Orc yang telah dibawah kendali bisa di jadikan pengawal dan mengajaknya bersama-sama melakukan penaklukan, menyerang dan mempertahankan benteng, serta membunuh kapten musuh. Hal tersebut bisa dilakukan selama berjam-jam sesuai keinginan kita. Setelah dipromosikan menjadi kapten hingga menjadi warchief legendaris, nafsu haus darahnya sepertinya tidak ada habisnya, dan mereka bisa menikam dari belakang. Ya, orc yang sudah menjadi andalan dan berpikir bisa menghadapi Bright Lord bisa berkhianat. Jadi, apakah pilihan menghabisi karya indah sendiri atau berjuang layaknya lonewolf itu ada ditangan kalian. Shadow of War merupakan RPG aksi-petualangan yang menyenangkan, penuh adegan kekerasan, dan pertarungan brutal selama kalian tidak keberatan meluangkan waktu untuk berlatih dan mempelajari seluk-beluk mekanik tempur yang rumit, kecuali kalian pernah memainkan seri Shadow of Mordor.

No Responses

Write a response