15 Game Detektif Terbaik di Android

15 Game Detektif Terbaik di Android

Game detektif merupakan subgenre dari game misteri, di mana seorang penyelidik baik amatir atau profesional berusaha mengurai kasus kejahatan dan umumnya kasus pembunuhan. Pemain akan terlibat dalam teka-teki, menyelidiki TKP, berinteraksi dengan lingkungan dan karakter lain untuk menemukan petunjuk, menganalisisnya, menginterogasi tersangka dan menemukan orang yang bersalah. Beberapa game bertema spesifik ini terinspirasi oleh kejadian nyata, seperti di Murder in the Alps, atau dikembangkan dengan cerita fiktif seperi pada The Wolf Among Us.

Beberapa game detektif menggunakan antarmuka point and click untuk menjalankan gameplay, atau menggunakan elemen mencari benda tersembunyi untuk memenuhi persyaratan atau menangkap orang yang bersalah. Namun, ada juga yang mengandalkan narasi berupa teks seperti layaknya novel kriminal. Apapun jenis gameplay-nya, semua ada dalam dalam daftar game detektif terbaik di Android berikut.

1. The Wolf Among Us

Dikembangkan oleh Telltale Game pencipta The Walking Dead, The Wolf Among Us merupakan game petualangan interaktif lima bagian dimana episode 2-5 bisa kita beli dalam aplikasi. Kisah permainan ini didasarkan pada pemenang penghargaan Eisher seri buku komik “Fabel” karya dari Bill Willingham dengan setting latar cerita terjadi pada tahun 1986. Suatu ketika protagonis yang merupakan seorang penegak hukum menyelamatkan seorang gadis dari percobaan pembunuhan. Dia membawanya ke tempat aman dan menyembuhkan luka-lukanya. Sherrif Ichabod Crane memerintahkan protagonis untuk menyelidiki dan menyelesaikan kasus kejahatan berdarah dan pembunuhan brutal terhadap korban lain dan membawa gadis yaang diselamatkan sebagai asisten. The Wolf Among Us adalah permainan kasus misteri dan videogame detektif paling menantang yang memungkinkan pemain memecahkan kasus pembunuhan dengan menyelidiki dan mengumpulkan petunjuk dan bukti, berinteraksi dengan objek dan NPC, memiliki cerita yang brilian dan imajinatif, dan visual yang indah untuk dinikmati.

2. Criminal Case Series

Dibesut oleh Pretty Simple, Criminal Case menempatkan pemain sebagai seorang polisi untuk menyelesaikan serangkaian kasus pembunuhan dengan mengunakan elemen game mencari objek tersembunyi. Pemain akan mencari bukti dan petunjuk dari objek atau benda yang tersebar di TKP, menganalisis sampel, mencari sidik jari pelaku, menginterogasi saksi dan tersangka, dan membawa si pembunuh ke pengadilan. Ada 6 seri Criminal Case yang ada dalam daftar koleksi Pretty Simple: Criminal Case, Save the World, Mysteries of the Past, Pacific Bay, The Conspiracy, dan Travel in Time. Semuanya berkualitas tinggi dan merupakan game gratis sehingga kita bisa bermain tanpa batas waktu dan menyediakan opsi pembelian dalam aplikasi. Namun jika tidak ingin menggunakan fitur ini, kita bisa nonaktifkan pembelian dalam aplikasi di pengaturan perangkat.

3. Layton’s Mystery Journey

Dikembangkan dan dirilis oleh Level-5, Layton’s Mystery Journey menawarkan game offline pemain tunggal dari seri Layton terlaris dan sekuel resmi pertama yang memulai debutnya di platform seluler. Game petualangan ini penuh dengan tantangan dan alur yang cerdik, serta berputar di sekitar perjuangan protagonis wanita menawan bernama Katrielle Layton yang mencari ayahnya yang hilang. Tujuan utamanya adalah untuk menjelajahi dunia game yang didesain indah, maju melalui cerita utama untuk mencari petunjuk untuk menyelesaikan kasus demi kasus yang tidak terduga, memecahkan teka-teki yang membengkokkan pikiran, dan mengungkap rahasia di balik hilangnya ayahnya. Layton’s Mystery Journey mencakup fitur-fitur inti seperti protagonis wanita, kustomisasi dan dekorasi ruangan, mini-game tambahan, adanya karakter baru, dan menyediakan dua belas kasus menarik.

4. Mystery Manor

Mystery Manor memadukan mekanisme permainan dari game objek tersembunyi terbaik, petualangan dengan narasi yang mendalam, teka-teki, dan grafik indah yang sepenuhnya dibuat dengan tangan. Dirilis oleh Game Insight, game offline ini dirancang untuk platform seluler dan menawarkan gameplay berbasis puzzle dan memungkinkan pemain untuk terlibat dalam pengalaman mencari benda tersembunyi dan mini-game match-3 atau mencocokan warna. Seperti judulnya Mystery Manor, cerita utama dijalankan di rumah besar tersebut, ada banyak kamar dan rahasia gelap, dan setiap kamar berisi cerita unik yang terkait dengan sisa narasi. Mister X sebagai pemilik Manor telah menghilang tanpa petunjuk, meninggalkan misteri pada para penghuni, dan hanya kalian yang bisa mengungkap apa yang sebenarnya sedang terjadi. Game gratis ini menyertakan fitur petunjuk dan setiap poin yang didapat dapat digunakan untuk membuka kunci level tambahan.

5. Max Payne Mobile

Dikembangkan dan dirilis oleh Rockstar Games, Max Payne Mobile menawarkan game aksi-petualangan dari perspektif orang ketiga dengan gaya neo-noir, cut-scenes dan voice-over yang mengagumkan, narasi permainan yang berliku dan brilian, gameplay yang serba cepat dan grafis luar biasa. Permainan ini berputar di sekitar protagonis Max Payne, seorang detektif di NYPD (Departemen Kepolisian New York) dimana dia mencoba memburu pembunuh yang menghabisi seluruh keluarganya dengan melakukan track dan mengumpulkan bukti yang mengarah ke pelaku. Kisah tragedi berdarah ini terinspirasi dari novel-novel Micky Spillane yang populer. Max Payne menawarkan sejumlah senjata modern dan realistis seperti senapan otomatis, senapan serbu, granat, dll. Game arcade ini penuh dengan aksi yang memicu adrenalin, pertarungan jarak dekat, duel-wield, penggunaan painkiller untuk menjaga bar kesehatan, dan fitur slow motion yang sangat membantu menghindarkan diri dari peluru musuh.

6. Her Story

Dirilis oleh Sam Barlow, Her Story menawarkan permainan pemain tunggal bertema horor psikologis dan permainan berbasis point and click. Her Story merupakan permainan penuh misteri dengan gameplay yang dinarasikan seperti film dokumenter kejahatan di mana pemain menggali informasi tersangka melalui database polisi dari rekaman aksi langsung pada tahun 1994. Diperankan oleh Viva Seifert, Joe Gideon dan Shark, pemain mengambil peran detektif yang diharuskan menyelesaikan berbagai kasus pembunuhan dengan menemukan dan mengumpulkan bukti, berinteraksi dengan tersangka, dan maju melalui cerita untuk menyelesaikan kasus rumit. Pemain harus mengambil benang merah dengan dari dokumenter video klip untuk memecahkan misteri dan menemukan petunjuk atas hilangnya suami dari tersangka.

7. Tiny Room Stories

Tiny Room Stories menempatkan pemain sebagai detektif swasta dengan game puzzle menarik dengan tampilan grafis 3D yang dapat diputar sehingga dapat memeriksa berbagai sudut lain. Setelah menerima sepucuk surat dari ayahnya dari kota Redcliff yang berisi permintaan bantuan, dia segera pergi ke kota kecil tersebut dan mendapati kota telah kosong. Apa yang terjadi pada semua penduduk dan ayahnya? Kalian harus memecahkan misteri ini, menjelajahi kota, menemukan petunjuk, memecahkan teka-teki, dan membuka kunci untuk maju dalam cerita utama. Permainan ini merupakan campuran dari gameplay room escape dan pencarian klasik, dunia interaktif, dan cerita misteri dengan plot twist tak terduga. Game besutan Kiary Games ini terkenal dengan tingkat kesulitannya yang begitu tinggi dan terkadang membuat pemain macet ditengah jalan. Jika terpaksa, kalian bisa menjalankan iklan atau melakukan transaksi mikro untuk mendapatkan fitur bantuan yang memberi petunjuk.

8. Murder Mystery Series

Dikembangkan dan dirilis oleh SocialSoft, gameplay imersif Murder Mystery digerakkan oleh cerita dan banyak teori yang berbeda untuk dijelajahi dalam setiap kasus. Pemain akan mengumpulkan petunjuk, melakukan investigasi, melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), memeriksa sidik jari, dan menyelesaikan misteri kejahatan seperti Sherlock Homes atau Poirot. Ada 3 seri dengan alur plot yang saling berkaitan: Detective Investigation Story, A Criminal Case, dan A Life Of Crime, namun tidak masalah jika kita memainkan setiap seri secara terpisah. Pemain akan dibawa ke London, New York, dan Moskow untuk menyelesaikan puluhan kasus kriminal. Murder Mystery menuntut pemain untuk menggunakan logika dan deduksi dalam menggali petunjuk dari dialog interaktif dengan karakter yang sedang diinterogasi dan menganalisis adegan kejahatan dalam rangka menyelesaikan kasus pembunuhan.

9. Who is the Killer Series

Serial Who Is The Killer menawarkan permainan detektif klasik yang berkonsep pada aturan detektif Sherlock Holmes asal Inggris, plot permainan yang rumit, pemecahan misteri yang membutuhkan logika dan pikiran mendalam, mini-game kriminal asli, dan teka-teki. Guts United sebagai pihak penerbit telah merilis 4 seri utama yang bisa kita mainkan gratis, semua seri tidak memiliki plot yang saling terkait sehingga kita bisa memainkan secara terpisah. Dalam setiap seri, semua karakter saling terhubung dengan cerita utama dan salah satunya adalah seorang pembunuh. Kalian harus mencari tahu siapa pelakunya dengan mencari petunjuk, menyelidiki TKP, dan berbicara dengan karakter lain. Versi orisinal atau yang lebih dikenal sebagai “The Old Sins” menempati posisi teratas di Google Play Store dan mendapat umpan balik terbanyak dari pengguna. Bagi kalian yang menyukai permainan asah otak dengan narasi yang digerakan oleh teks, Who is the Killer tidak bakal mengecewakan.

10. MazM: Jekyll and Hyde

Semua orang tahu kisah legendaris Dr. Jekyll dan Mr. Hyde tentang bagaimana satu orang memiliki kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif, satu sisi baik dan sisi yang lain menampilkan karakter jahat. Terinspirasi dari novel klasik yang dikarang oleh Robert Louis Stevenson asal Skotlandia, Jekyll and Hyde dari MazM mengambil game petualangan yang mengikuti cerita utama dari seorang pengacara Mr. Utterson. Pemain akan menjelajahi kota London pada abad ke-19, menikmati grafik permainan yang indah saat sedang mencari petunjuk, memecahkan masalah, dan akan menghadapi perubahan psikologis yang dialami oleh tokoh utama.

11. I am Innocent

I am Innocent merupakan game misteri pembunuhan dengan elemen puzzle yang mensimulasikan detektif sejati dalam mengungkap kasus kejahatan berdarah. Seorang pembunuh berantai sedang berkeliaran dan memangsa orang yang tidak bersalah. Kakakmu adalah salah satu korban dan belum terungkap siapa pembunuhnya. Tugas kamu adalah mencari pembunuhnya dan mencegah lebih banyak korban remaja. Dalam game besutan Guts United ini, kamu harus mendapat petunjuk dan memecahkan misteri dengan menggunakan panggilan telepon, meretas komputer, menganalisis foto-foto dan dokumen untuk mendapatkan kebenaran. Pemain akan menghadapi dilema etis dan adegan emosional saat mencari tahu kepribadian dari banyak karakter permainan. Hanya kamu yang bisa mengungkap siapa pembunuh berantai itu dan menghadirkan keadilan bagi para korban.

12. Sentence

Sentence merupakan sebuah game simulasi bertema thriller psikologis baru dari pencipta I Am Innocent dan Who is the Killer. Gadis-gadis muda menghilang di sebuah kota kecil, dan ketika ditemukan, mereka sudah tidak bernyawa lagi. Henry Thompson, seorang mantan polisi telah ditangkap, tetapi apakah dia pembunuhnya? Kalian akan menavigasi melalui hubungan sosial pertemanan, melakukan interaksi dengan orang asing, meretas ke dalam basis data, mempelajari kepribadian karakter lain, dan menganalisis petunjuk demi menangkap si pembunuh berantai. Hubungan yang tidak saling ada kepercayaan lagi akan menciptakan konflik, hal tersebut akan menguji keobjektifan dan moral kalian tentang apa yang benar dan salah. Cara kalian memainkan permainan dan pilihan yang dibuat akan memengaruhi apakah si pembunuh berhasil ditangkap atau malah lolos.

13. Detective’s Choice

Jika kalian menginginkan game ringan dan sangat sederhana untuk dipelajari dengan kontrol sentuh satu jari, namun menggugah logika dan menguji otak bertema misteri, maka Detective’s Choice adalah salah satu pilihan logis. Dengan ukuran dibawah 10 MB, game yang dikembangkan Delight Games ini menawarkan petualangan berbasis teks RPG yang akan memikat pemain dalam alur cerita menarik yang ditulis oleh William Miller. Pemain memerankan seorang detektif bernama Jack Jericho, dia harus menginvestigasi kasus kriminal yang aneh, mencari seorang psikopat pembunuh, berinteraksi dengan para taipan, dan bahkan berhubungan dengan ilmu hitam. Keputusan yang dibuat akan menentukan nasib kalian sendiri, baik untuk keselamatan jiwa atau keselamatan materi.

14. Cube Escape Series

Cube Escape merupakan game seri dari Rusty Lake yang seakan memaksa pemain berpikir seperti detektif amatir. Mengambil konsep game escape room paling menarik yang bisa dimainkan di platform seluler, kalian dituntut untuk berpikir secara logis dan deduktif. Koleksi Cube Escape ada sepuluh seri, semuanya memiliki perbedaan dalam plot, namun tetap mempertahankan kesamaan dalam konsep, game inti, grafis, kontrol dan gameplay, walaupun ada penambahan elemen game disana-sini. Seperti judulnya dari masing-masing seri, kalian terjebak disuatu ruangan tertentu, berinteraksi dengan objek di lingkungan, mengumpulkanya dalam inventori dan menggunakanya untuk mencari jalan keluar.

15. Murder in the Alps

Dikembangkan dan dirilis oleh Nordcurrent, Murder in the Alps menawarkan game petualangan yang digerakan dalam novel kriminal interaktif dengan fitur gameplay mencari benda tersembunyi yang menakjubkan. Mengikuti kisah asli pada tahun 1930, protagonis wanita Anna Myers yang merupakan jurnalis jelita dari Zurich sedang berlibur di pegunungan Alpen. Namun, hal-hal buruk terjadi di hotel tempat dia menginap dengan terbunuhnya seorang penghuni. Anna harus mencari petunjuk, memecahkan teka-teki yang membingungkan, dan berinteraksi dengan karakter-karakter lain untuk menemukan si pembunuh. Murder in the Alps meliputi fitur-fitur inti seperti alur cerita menarik dengan twist tak terduga, grafis dan animasi yang mengagumkan, visual lokasi dan lingkungan yang indah, dan musik yang mempesona.

No Responses

Write a response