10 Game Tycoon Terbaik di PC! Bagi Calon Manajer

10 Game Tycoon Terbaik di PC! Bagi Calon Manajer

Game tycoon terbaik membuat kita mengalami sensasi dan kegembiraan kewirausahaan, tetapi tanpa resiko. Kita dapat membangun bisnis sendiri dari awal dan menyusun strategi untuk meraih pangsa pasar utama. Genre ini berbicara tentang manajemen dan simulasi, tentunya elemen-elemen tersebut membentuk suatu ikatan yang rigid, sulit dilepas satu sama lain.

Tanpa resiko? Ya, karena kita bisa memainkanya secara virtual lewat berbagai platform, termasuk PC. Kita hanya perlu mendapatkan game resminya, dan menjalankan perusahaan dibelakang layar komputer. Jadi, sudah siapkah kita menjadi pebisnis tangguh?

1. Jurassic World Evolution

Jika kalian menikmati membangun taman dan atraksi bertema hewan purba sambil mengelola sisi bisnis, maka cobalah Jurassic World Evolution! Video game yang dikembangkan oleh Frontier Developments ini juga telah mengerjakan beberapa waralaba besar lainnya seperti RollerCoaster Tycoon dan Zoo Tycoon. Game simulasi dan manajemen yang dirilis pertengahan 2018 ini, tentunya mengasyikan bagi penyuka film Jurrasic Park.

Para pemain ditugaskan untuk membangun Jurassic Park mereka sendiri di mana mereka akan mengelola desain sambil mengelola bisnis agar menarik tamu datang untuk melihat kembali kehidupan hewan purbakala. Dalam permainan, ada basis seputar pengembangan makhluk baru, mengambil sampel DNA, dan rekayasa genetika untuk mencoba menciptakan dinosaurus, mirip dengan cerita filmnya. Kira-kira bagaimana rasanya memelihara Tyrannosaurus rex atau Velociraptor?

2. RollerCoaster Tycoon Series

Seri RollerCoaster Tycoon mempunyai konsep dan gameplay sangat mirip dengan Zoo Tycoon. Pemain mengelola taman hiburan di mana mereka harus mendesain tata letak, mempekerjakan karyawan, dan membangun berbagai wahana. Alih-alih seperti Zoo Tycoon yang bertema hewan, pemain mengelola wahana taman hiburan sambil tetap mempertahankan usaha di belakang layar, memperoleh profit, dan menjaga operasi berjalan dengan lancar.

RollerCoaster Tycoon juga merupakan IP yang berpindah tangan di beberapa studio pengembangan yang berbeda di mana versi orisinalnya dikembangkan oleh Christ Sawyer Productions pada tahun 1999. Walaupun beberapa waralaba sekarang dikembangkan studio pengembangan yang berbeda, konsep inti permainan tetap dipertahankan. Misalnya, seri terbaru RollerCoaster Tycoon World dikembangkan oleh Nvizzio di mana gameplay-nya masih sama, namun ada penyesuaian visual untuk komponen platform PC terbaru.

3. Planet Zoo

Ketika bicara tentang franchise yang besar, kalian kemungkinan besar mengetahui seri Zoo Tycoon. Game tersebut merupakan seri video game klasik yang mengharuskan para pemain mengontrol, mengelola, dan membangun kebun binatang khusus. Frontier selaku pengembang memutuskan untuk membuat seri penerusnya dengan merilis Planet Zoo pada tahun 2019. Game manajemen ini sangat mirip dengan versi aslinya dimana pemain akan memiliki kontrol penuh atas kebun binatang dan bagaimana desainnya.

Pemain harus mengelola kebun binatang untuk memastikan bahwa hewan-hewan ini dalam kondisi sangat baik dan sehat. Demikian juga, pemain harus memastikan pengunjung kebun binatang dapat bersenang-senang dan puas dengan melihat berbagai spesies hewan dan atraksi hiburan lain. Jika dibandingkan dengan Planet Coaster yang juga ditangani oleh Frontier Developments, gameplay-nya sangat mirip. Tentu agar simulasi dapat berjalan lancar, pemain harus punya strategi dan pengelolaan yang cerdas.

4. Planet Coaster

Setelah bekerja dengan franchise RollerCoaster Tycoon, Frontier Developments memutuskan untuk mengambil apa yang mereka pelajari dan menggunakanya kedalam IP mereka sendiri dengan judul Planet Coaster. Tujuan video game dibuat sebenarnya sebagai penerus bagi franchise RollerCoaster Tycoon di mana para pemain diberikan sebuah game manajemen dan simulasi tycoon yang lebih solid. Namun kenyataanya tidak ada perubahan drastis dan inovasi baru yang ditampilkan, bahkan bisa dibilang sama atau tidak lebih menghibur daripada seri RollerCoaster Tycoon.

Pemain akan memiliki tiga mode permainan yang berbeda untuk dinikmati di waralaba yang mencakup mode sandbox, tantangan, dan mode karir. Dalam mode sandbox, pemain diberikan sebidang tanah dan dana tak terbatas untuk membuat taman hiburan dengan desain mereka sendiri, sedangkan mode tantangan memberi pemain serangkaian tugas yang harus diselesaikan untuk mendapatkan profit. Sedangkan mode karir memberi peluang pemain untuk menyelesaikan keseluruhan skenario utama dengan mengajarkan pemain dasar-dasar cara bermain.

5. Frostpunk

Dari pengembang 11 bit Studios yang mengantarkan This War of Mine pertama kali muncul tahun 2014, munculah rilis judul terbaru mereka, Frostpunk. Jika sudah pernah memainkan This War of Mine, kita akan menemukan bahwa Frostpunk memiliki beberapa kesamaan, salah satunya adalah tentang moralitas. Game ini mengharuskan pemain untuk membuat keputusan antara hidup atau mati, mencari sumber daya, dan membangun kota. Tujuan utamanya hanya satu, yakni bertahan hidup bersama koloni sipil.

Dalam permainan, pemain dibiarkan harus mengendalikan kota dengan warga sipil yang mencari perlindungan dari suhu dingin yang ekstrim. Menjadi salah satu kota yang dibangun di sekitar sumber panas, pemain harus menyusun strategi tentang bagaimana menangani berbagai masalah yang mungkin muncul. Namun, gameplay akan segera menjadi lebih kompleks ketika datang masalah yang dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan penduduk kota. Jadi, tipe pemimpin apakah dirimu? Totaliterisme atau penjunjung kesetaraan?

6. Stardew Valley

Stardew Valley telah menjadi hit besar sejak rilis tahun 2016 silam dan telah terjual lebih dari 10 juta unit dari berbagai platform. Game RPG ini mengingatkan kita pada franchise Harvest Moon, sama-sama mempunyai grafis piksel namun mengusung engine game berbeda. Game besutan ConcernedApe ini mensimulasikan pertanian di mana pemain berperan sebagai karakter yang mewarisi pertanian bobrok dari kakek mereka. Pemain dituntut mengembangkan usaha pertanian dengan bercocok tanam, menambang, dan beternak sambil memperkenalkan barang kerajinan kepada pengunjung.

7. Oxygen Not Included

Oxygen Not Included adalah salah satu dari sedikit game Dwarf Fauxtress yang menghiasi daftar. Seperti konsep yang diambil dari game inspirasinya, pemain bertanggung jawab atas sekelompok kecil orang malang yang tiba di lokasi yang tidak ramah, dalam hal ini di asteroid. Pemain punya ilmu dan teknik yang dibutukan ketika harus menambang dan membangun alat yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Gameplay-nya telihat kejam, seakan tidak memberi pemain kesempatan tetapi juga mengasyikkan.

Pemain akan mulai menciptakan apa yang dibutuhkan, seperti menanam tanaman, membuat pembangkit listrik, atau mengubah ganggang menjadi oksigen. Tetapi jumlah sumber daya semakin menipis dan kebutuhan semakin menungkat. Pemain perlu memperluas pencarian untuk menciptakan lebih banyak ruang, blok demi blok untuk mencari sumber daya yang begitu vital. Namun, itu tidak mudah karena selalu timbul masalah baru, seperti tanaman yang layu, atau adanya gas beracun yang mengancam keselamatan koloni.

8. Anno 1800

Anno 1800 bisa dibilang salah satu pembangun kota terbaik yang pernah dibuat. Ada begitu banyak hal yang bisa pemain lakukan dengan entri terbaru dalam sejarah Blue Byte. Awal-awal permainan mungkin terasa terlalu akrab jika terbiasa memainkan Anno, namun momentum waktu yang dipakai terjadi setelah revolusi industri. Setelah satu pulau mulai berjalan segala sesuatunya, saatnya untuk pindah ke pulau berikutnya, masing-masing pulau memiliki populasi, sumber daya, dan kebutuhan tenaga kerja sendiri.

Jika progres semakin maju, pemain akan memiliki koloni besar dengan kapal-kapal dagang yang menguasai seluruh dunia. Bagian tersulit dari Anno 1800 adalah mempertahankan kesuksesan, namun bagi sebagian pemain itu adalah tantangan yang menyenangkan. Permainan menjadi lebih seru jika dimainkan dengan seorang teman dalam mode co-op multipemain. Anno 1800 melayani puluhan gaya permainan yang berbeda, pemain dapat menguji nyali lewat head to head dengan pemain lain dalam mode multiplayer kompetitif. Apa pun yang pemain inginkan, Anno 1800 memiliki semuanya.

9. RimWorld

Ada permainan manajemen tentang bangunan, dan ada permainan manajemen tentang orang. Dilihat dari persepektif yang sama, RimWorld lebih cenderung ke manajemen orang walaupun tetap ada manajemen bangunan. Koloni yang selamat dari pendaratan darurat di dunia yang tidak dikenal, mencoba untuk bertahan hidup dan kemudian berkembang di tempat asing tersebut. Inti dari permainan ini adalah kepribadian mereka yang digerakkan oleh AI, preferensi, keterbatasan, spesialisasi, ketakutan, hobi, dan hubungan mereka satu sama lain.

Karakter protagonis yang dipilih pemain, bisa merubah akkhiran cerita. Setiap koloni memiliki kepribadian tersendiri, dan pemain harus mempelajarinya dengan baik. Jika tidak mengindahkan ini, akan ada konflik sosial diantara koloni. Belum lagi jika musuh dari luar datang. Dan krisis-krisis itu bisa meluas ke pembangunan dan pertanian juga. Keunikan dari RimWorld adalah bagaimana menjalankan protagonis dengan bebas dan sangat tidak dapat diprediksi, layaknya menulis cerita untuk dirinya sendiri. Jika ada game manajemen terbaik yang dapat kita mainkan hari ini di komputer, itu adalah RimWorld.

10. Two Point Hospital

Two Point Hospital adalah simulasi manajemen rumah sakit dengan aktivitas tersibuk, tetapi sangat memuaskan pada saat yang sama. Pemain akan mengelola staf dengan tipe dan sifat kepribadian yang unik, mungkin saja ada staf yang bekerja efisien, atau malah tidak profesional. Dan tentunya membangun secara fisik dengan berkreasi dan mengoptimalkan desain rumah sakit, mengatur koridor, kamar, dan ruang tunggu. Atau memperluas rumah sakit dengan beberapa bangsal baru jika pasien semakin banyak.

Poin utamanya adalah dengan membangun reputasi sebagai rumah sakit terbaik. Baik dari segi bangunan, atau perawatan pasien dengan tepat. Namun, bagi sebagian pemain ketika gagal tetap bisa memberikan hiburan. Karenanya, ada fitur statistik dan informasi untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan pemain, dengan harapan membuat perubahan cepat. Pemain hampir selalu dapat mengetahui apa masalahnya dengan beberapa klik, atau dapat memilih untuk sepenuhnya mengabaikan masalah itu sehingga manajemen rumah sakit semakin kacau.

No Responses

Write a response