10 Game Platform Terbaik Pada PC

10 Game Platform Terbaik Pada PC

Game platform mempunyai ciri khas dimana pemain mengendalikan ikon, karakter, atau avatar untuk melompati platform gantung dan menghindari rintangan dalam setiap level. Disini, pemain membutuhkan elaborasi sempurna antara ritme waktu, presisi, dan refleks. Subgenre dari permainan aksi tersebut dulu memang identik dengan pasar konsol, namun sekarang mereka telah hadir di Windows, MacOS, atau Linux. Dengan berubahnya stigma tersebut, para gamer selayaknya berterimakasih pada para pengembang indie yang membawa genre tersebut ke depan layar desktop mereka. Di bawah ini, kalian akan menemukan koleksi game platform terbaik di PC. Kami memasukkan cukup banyak percabangan genre lain seperi puzzle, roguelike, maupun metroidvania.

1. Ori and the Will of the Wisps

Ori dan Will of the Wisps membuktikan kesempurnaan platforming 2D yang dirancang dengan baik dan melampaui standar tinggi dari sekuel pendahulunya. Memulai petualangan yang serba baru di dunia yang luas penuh jebakan dan rintangan, daftar teman dan musuh baru, si rubah kecil Ori akan berpetualang di dunia yang dilukis tangan dengan indah, penuh animasi dan multi-warna yang memukau. Dengan dedaunan bergerak melambai tertiup angin, bebatuan runtuh saat berjalan di atas tebing, atau ketika air menciptakan riak saat berenang, memberikan atomsfer lebih hidup. Plotnya berbicara tentang kekuatan keluarga dan persahabatan yang dinarasikan dengan sederhana dan mudah diprediksi, namun memberi kesan mendalam dan emosional. Tujuan protagonis adalah untuk menyatukan keluarga sambil merestorasi kehidupan hutan Niwel yang rusak. Ketika maju melalui cerita utama, mekanik baru diperkenalkan dimana Ori semakin lincah bergerak antar level area menggunakan sejumlah besar teknik baru dan unik. Pemain bebas mengendalikan Ori untuk side-scrolling baik itu berjalan ke sisi layar maupun melompat, melayang dan menyelam ke perairan di bawah. Lingkaran gameplay berputar di sekitar eksplorasi, pertempuran, platforming, dan pemecahan teka-teki. Permainan mudah dipelajari tetapi sulit untuk dikuasai, platform membutuhkan refleks yang cepat, keterampilan pengamatan, penekanan tombol yang tepat dan pemahaman yang lengkap dari masing-masing mekanik. Sisi pertempuranya juga telah ditingkatkan secara besar-besaran dengan gerakan serangan baru, kemampuan berbeda, dan opsi traversal yang berbeda. Walau frekuensi pertempuran tidak terlalu banyak, namun pemain harus menggunakan orb dengan efisien. Jika kalian adalah penggemar platformer seperti Hollow Knight atau Celeste, maka Ori and the Will of the Wisps wajib dicoba.

2. Hollow Knight

Jika kalian menyukai gameplay side-scrolling klasik, karakter lucu tapi menyeramkan, petualangan epik di dunia gothic yang indah, maka karya Team Cherry ini memberi tawaran logis. Hollow Knight adalah permainan aksi-petualangan 2D bergaya metroidvania dengan tampilan visual modern dan menceritakan tentang dunia serangga yang tragis yang hidup digua yang sedang sekarat. Cerita utama digerakan melalui dialog dengan tokoh-tokoh yang menggemaskan dan unik, beberapa melalui peristiwa-peristiwa penting, beberapa hanya dengan mengamati lingkungan, dan petunjuk-petunjuk yang bertebaran di lingkungan. Tampilan grafisnya dirancang dalam detail yang cermat dan bersuasana suram, gua-guanya terasa hidup penuh makhluk aneh dan menakutkan, masing-masing dianimasikan dengan lukisan tangan yang indah. Setiap level area baru yang dijelajahi terasa unik, antar level areanya seperti labirin yang saling terhubung, dan semakin banyak dijumpai penghuni bioma yang aneh. Dunia Hallownest begitu luas dan terbuka, penuh dengan kisah untuk ditemukan, dan dibangun dengan jalur percabangan yang menawarkan jumlah pilihan yang tidak masuk akal tentang cara kita menemukannya. Pilih karakter favorit kalian, dan teruslah berevolusi dengan meningkatkan keterampilan dan mantra, kecepatan, dan kemampuan baru yang kuat. Semakin dalam kita masuk level, semakin mudah tersesat. Untungnya, kita bisa mendapatkan kompas, pena bulu, peta, dan pin untuk meningkatkan pemahaman tentang bentang alam. Dengan banyak rahasia terpendam untuk ditemukan, musuh yang menantang untuk dihadapi, dan pertarungan bos epik, memberi kita kesenangan tanpa batas. Sekarang, harapan untuk membuat dunia serangga kembali ceria dan berseri ada di pundak kalian.

3. Celeste

Celeste merupakan petualangan satu pemain yang digerakkan oleh narasi menyentuh tentang penemuan jati diri, diisi dengan tokoh-tokoh yang menawan, dan menyediakan lebih dari 700 tantangan platforming sulit. Berperan sebagai protagonis gadis kecil, bantu Madeline selamat dari roh-roh jahat dalam perjalananya yang penuh bahaya dan pendakian untuk mengungkap misteri gunung Celeste. Kontrolnya sederhana dan mudah diakses, cukup melompat, berlari cepat, dan memanjat, tetapi dengan level tantangan yang dalam dan sulit untuk dikuasai. Ketika permainan dimulai, kita akan mengetahui dengan sangat cepat seberapa terbatasnya langkah yang dimiliki, tetapi bagian dari kehebatan Celeste adalah seberapa bagus pemain beradaptasi di sekitar lingkungan dengan opsi yang terbatas. Setiap level memberi kita tantangan unik dari berbagai cara dan jalur untuk menjelajah. Setiap gerakan membutuhkan presisi yang sempurna, baik ketika melompat diantara antar platform, memantul di antara bola-bola, atau terbang melintasi labirin dengan bulu emas. Semakin naik ke gunung, permainan menjadi semakin intens dan serba cepat. Sepanjang permainan, kita semakin mengetahui tentang siapa gadis yang menjadi protagonis dan alasan mengapa dia mendaki gunung. Meskipun Celeste tidak memiliki banyak karakter NPC, masing-masing memainkan perannya dengan sempurna. Cara cerita ditulis begitu pas dengan gameplay, bahkan dari awal permainan kita mulai merasakan emosi nyata dari dialog berbasis teks dengan NPC meski dilakukan tanpa suara dan cutscene animasi.

4. Cuphead

Terinspirasi oleh kartun tahun 1930-an seperti Looney Toons dan Betty Boop, Cuphead adalah permainan petualangan dan aksi tembak-tembakan yang sangat fokus pada pertempuran bos. Dari segi gameplay, sedikit mengingatkan pada platformers 8 dan 16-bit seperti Contra dan Super Contra, Gunstar Heroes, atau Mega Man. Disisi lain, visual dan animasi dibuat dengan indah, latar belakang cat air yang digambar tangan, dan rekaman jazz asli, seakan membawa pemain masuk ke dalam galeri seni dengan nilai artistik tinggi. Protagonis akan terlibat dalam petualangan lari dan side-scrolling klasik melalui berbagai level platforming, terutama ketika harus melakukan perkelahian bos epik. Jika dibandingkan waktu pertama kali rilis tahun 2017 silam, grafis dan animasinya sekarang telah mengalami polesan. Bermain sebagai Cuphead atau Mugman baik dalam mode solo atau co-op lokal, kita akan menemukan bos-bos aneh, seperti wortel dengan kekuatan sonik, katak petinju, dan bunga matahari yang jahat. Pemain juga akan memperoleh kekuatan baru, senjata baru, mempelajari gerakan super kuat, dan menemukan rahasia tersembunyi sambil mendapatkan HP dan bonus waktu untuk membantu maju lebih jauh. Permainannya sendiri tidak mudah meskipun juga tidak bisa dibilang sulit karena banyak orang yang berhasil. Setiap bos mempunyai pola serangan tersendiri, pelajari cara dia bergerak dan sesuaikan dengan posisi jarak aman pemain. Setelah berhasil mengalahkan bos-bos yang aneh dan unik tersebut, musuh yang menyebalkan akan ada lebih banyak di Cuphead melalui DLC yang akan datang, Delicious Last Course.

5. Inside

Inside memiliki DNA dari Limbo karena memang dirancang oleh studio yang sama. Mereka sebenarnya adalah iterasi yang terpisah, berdiri sendiri-sendiri, meski banyak memiliki banyak persamaan konsep, mekanika permainan, dan grafis yang minimalis. Namun, Inside lebih lebih dipoles dan dibangun dari atas ke bawah sehingga hampir terasa cocok untuk dipajang di galeri seni. Inside adalah platformer 2D yang digerakkan oleh narasi yang menggabungkan aksi intens dengan teka-teki berbasisi fisika yang menantang. Elemen puzzlenya memang tidak sesulit di Limbo, namun memberikan atmosfer yang lebih dalam, kita seakan-akan tersedot ke dunia yang bernuansa suram. Grafik dan soundtrack semuanya dibuat dengan baik untuk menegaskan suasana gelap dan penuh makna, namun tetap bisa menampilkan nilai artistik yang indah. Tidak ada dialog, tutorial, dan bantuan, namun bagi pemain baru atau veteran yang pernah memainkan Limbo akan segera tahu apa yang harus dilakukan. Pemain segera di masukan ke dalam permainan tanpa menu utama, mengendalikan seorang anak laki-laki yang sendirian, bingung, dan membantunya menavigasi keluar dari areal proyek yang aneh. Seperti pada umumnya game indie, waktu bermainya terbilang singkat antara 4-5 jam dengan kecepatan normal dan kurangnya replayability. Meski harganya terbilang tinggi, namun Playdead memberi harga miring bila membeli paket Inside dan Limbo.

6. Super Meat Boy

Dalam Super Meat Boy (SMB), pemain akan menavigasi protagonis Meat Boy melewati medan rintangan yang berbahaya untuk menyelamatkan Bandage Girl yang dicintainya. SMB membawa nosltagia gameplay klasik seperti Mega Man 2, Ghost & Goblin atau Super Mario Bros 2 yang sama-sama membutuhkan refleks. Game-game NES terdahulu secara simultan lebih sederhana dan lebih menantang daripada entri saat ini, SMB mengadopsi kualitas gameplay pendahulunya tersebut dengan sempurna. SMB akan mengharuskan Meat boy menjelajahi rumah sakit berhantu, pabrik garam, dan bahkan dunia bawah tanah dalam tampilan grafis piksel retro. Ada lebih 300 level, pertarungan bos epik, editor level, banyak rahasia yang bisa dibuka, zona warp, dan karakter tersembunyi. Saat pertama kali melakukan perjalanan, pemain mungkin lebih fokus sekedar menyelesaikan setiap tahap level saja, sehingga kemungkinan akan melewatkan banyak rahasia. Padahal ada zona warp yang mengarah ke area rahasia tempat kita dapat menemukan karakter baru yang dapat dimainkan dari game indie terbaru. Sementara pengembang menyediakan lebih dari 16 karakter dari judul populer seperti, Minecraft, Bit.Trip, VVVVVV, dan Machinarium. SMB terkenal mempunyai tingkat kesulitan tinggi, jika berbuat kesalahan sekecil apa pun maka pemain harus memulai kembali tahap dari awal. Meat Boy mungkin mati puluhan kali sebelum akhirnya bertemu kekasihnya dan permainannya dengan senang hati akan mencatat setiap kematian dalam menu statistik.

7. Ori and the Blind Forest

Dikembangkan oleh tim pengembang yang tersebar dari penjuru dunia, seri Ori orisinal yang rilis tahun 2015 lalu tetap menjadi salah satu game paling indah yang bisa kita mainkan sekarang dan telah banyak mendapat pujian kritis. Moon Studios sendiri telah membuat seri terbarunya seperti yang telah kami ulas secara singkat diatas. Seperti Hollow Knight, Ori and the Blind Forest memadukan elemen metroidvania dengan platformer sederhana. Gameplay inti yang dominan adalah platformer aksi, dengan mayoritas manuver berfokus pada gerakan daripada pertempuran. Karena itu, Ori membawa rasa kepuasan tertentu ketika si rubah kecil bermanuver dengan lincah di sekitar peta. Bertempat di hutan Nibel yang sedang sekarat, seekor rubah kecil yatim piatu ditakdirkan untuk bertindak heroik demi menyelamatkan rumah tinggal bagi semua penghuni dan menghadapi musuh bebuyutan. Jangan tertipu oleh fisik protagonisnya yang imut, karena dia akan berkembang secara alami untuk membuka kunci kemampuan baru, sehingga terbuka opsi menjelajah lebih bebas secara progresif. Hutan Nibel yang dilukis tangan dipenuhi item-item tersembunyi seperti power-up kesehatan dan orb energi. Sementara kemampuan tertentu yang diberikan sejak awal dapat mengurangi tantangan dengan menghilangkan konsekuensi dari kematian. Jika kalian mencari pengalaman yang sedikit lebih santai, versi Definitive Edition menambahkan mode Easy, Hard, dan One Life untuk membuat game bisa dimainkan sesuai keinginan pemain.

8. Mark of the Ninja

Mark of the Ninja merupakan platformer side-crolling yang luar biasa dengan gameplay stealth yang ditampilkan dalam visual 2D dan lingkungan yang dilukis dengan tangan. Disini, kita akan tahu apa artinya menjadi seorang ninja sejati yang terkenal berkat gerak lincah dan cerdik untuk mengecoh lawan. Untuk mencapai level lebih tinggi, ada berbagai kemampuan teknik baru, senjata maupun peralatan yang bisa ditingkatkan. Protagonis ditandai dengan tato terkutuk yang memberi kemampuan indera lebih sensitif dan menanamkan kekuatan mistis, dan inilah kekuatan utamanya. Tujuanya adalah untuk membalas klan yang baru-baru ini diserang oleh musuh jahat dengan memanfaatkan kekuatan barunya tersebut. Setiap level memiliki tiga tantangan skor, misi dampingan opsional, dan koleksi tersembunyi. Ada beberapa rute dan cara untuk mencapai setiap level melalui berbagai taktik berbasis siluman. Apakah beroperasi seperti hantu yang tidak terlihat, atau pembunuh brutal yang senyap, semua penyelesaian level tergantung pada gaya bermain. Eliminasi target boss juga bisa tetap dilakukan secara senyap. Itulah salah satu aspek paling berharga dari permainan, yakni kebebasan memilih rute untuk mencapai tujuan. Kombinasikan ini dengan pengaturan tertentu untuk setiap level, sehingga memberikan permainan non-linier yang tidak monoton. Pemain juga dimungkinkan memutar ulang level tertentu untuk memperbarui skor, mencari koleksi item yang belum ketemu, dll. Untuk kenyamanan bermain, Klei Entertainment menyediakan kustomisasi kontrol keyboard-mouse dan dukungan gamepad seperti controller Xbox 360.

9. Limbo

Limbo meawarkan platformer 2-D dengan elemen puzzle yang mengharuskan pemain untuk berpikir secara logis dan membutuhkan refleks untuk penyelesaian tiap level. Grafiknya sederhana, mengambil gaya hampir seperti monokrom klasik, tetapi tetap membuat berkesan. Gaya artisitik minimalis tersebut hanya melibatkan warna hitam, putih, dan abu-abu. Sepanjang perjalanan, tidak ditemukan elemen soudtrack yang berlebihan, malah sebagian besar terasa hening. Terkadang diselingi suara-suara efek seperti roda berputar atau logam mesin berdentang, sehingga hal tersebut membantu membangun atmosfer lebih suram. Walau tidak ada tutorial, pemain akan segera tahu apa yang harus dilakukan ketika masuk ke dunia Limbo. Berperan sebagai seorang anak laki-laki mencari saudara perempuannya yang hilang, dia akan menjelajahi di hutan yang gelap dan mencoba melarikan diri dari kompleks industri yang penuh tumpukan asap. Kematian selalu mengintai di setiap sudut lingkungan yang terselubung dalam suasana gelap. Kita akan segera tahu bahwa bahaya besar menanti ketika alunan efek-efek suara berubah dengan cepat dan objek-objek di lingkungan sedang mengancam keselamatan. Yang paling berkesan adalah ketika harus melawan laba-laba raksasa. Kalian mungkin akan banyak mati di level ini, tapi sebenarnya solusinya sangat mudah. Tidak ada mekanik yang rumit, pemain hanya melompat, menggerakkan tuas, dan bergerak maju mundur. Waktu bermain normal sekitar dua atau tiga jam, tetapi kalian tidak akan rugi memainkanya.

10. Geometry Dash

Geometry Dash adalah platformer berbasis ritme dengan gameplay cepat yang akan membuat frustrasi, tetapi hal tersebut tidak akan menghentikan pemain. Persiapkan diri untuk tantangan yang hampir mustahil di dunia Geometry Dash yang dibuat dengan grafis 2D, latar belakang indah, mekanika permainan yang ringan, dan model ikon-ikon yang detail. Ada 7 ikon dengan bentuk dan karakteristik mereka tersendiri yang bisa dimainkan, sementara kecepatan pergerakan ikon tersebut sifatnya mutlak dan tidak bisa diubah. Tujuan permainan side-scrolling ini adalah untuk menavigasi ikon menjelajahi level sampai mencapai ujungnya. Jika ikon yang dikendalikan menabrak rintangan, maka kalian harus memulai dari awal. Untuk masuk level lebih jauh, setiap pemain membutuhkan keterampilan presisi waktu yang tepat dan refleks yang cepat. Untungnya ada mode latihan yang cukup membantu mengasah ketangkasan. Dorong keterampilan hingga batasnya saat melompat ke depan atau belakang, dan terbang melayang untuk melewati bagian berbahaya dan rintangan bergergaji. Geometry Dash dikembangkan oleh Robert Topala yang bertempat di Swedia, dan diterbitkan oleh perusahaannya sendiri, RobTop Games. Saat ini ada 21 level resmi dari game inti, masing-masing menampilkan musik latar yang unik. Jika kalian merasa bosan memainkan level resminya, maka komunitas RobTop menyediakan ratusan level online yang dibuat oleh pemain berdedikasi. Atau kalian bisa berkreasi membuat level sendiri lewat Editor Level, dan membagikanya pada komunitas. Geometry Dash sebenarnya dirilis pertama untuk pasar smartphone pada 2013 silam, selang setahun kemudian mereka hadir dalam versi Windows dan MacOS.

No Responses

Write a response