10 Game Pertanian Terbaik di PC

10 Game Pertanian Terbaik di PC

Bermain game tentu sangat menyenangkan sambil mengisi waktu luang. Salah satu genre game yang paling menyenangkan adalah game pertanian, dimana bisa sangat bervariasi dalam hal konsep dan gameplay. Seperti Stardew Valley yang terlihat lucu dan kasual atau usaha bisnis agrikultur yang lebih realistis seperti seri Farming Simulator.

Jika kalian ingin bermain sendiri atau multi-pemain, dari tampilan visual yang bergaya tidak konvensional, unik atau nyata, hingga game kasual atau simulasi yang realistis, semua ada dalam daftar kami. Berikut beberapa game pertanian terbaik di PC yang bisa kalian coba.

1. Stardew Valley

Sejak dirilis empat tahun lalu, Stardew Valley masih menjadi yang teratas bagi banyak orang yang mencari permainan pertanian. Dengan pembaruan Stardew Valley 1.4 terbaru yang menambahkan lebih banyak polesan dan fitur, sepertinya akan tetap menjadi favorit selama beberapa tahun lagi. Protagonis mewarisi pertanian keluarga dari kakeknya yang sudah meninggal dan pindah ke desa kecil Pelican Town. Pemain akan menghabiskan waktu mengelola pertanian keluarga menjadi usaha yang menguntungkan, menjalin pertemanan bahkan bisa menjadi pasangan dengan penduduk desa setempat, dan merevitalisasi kota itu sendiri dengan bantuan makhluk kecil ajaib yang disebut Junimos.

Stardew Valley adalah sim kehidupan yang mengikuti jejak seri Harvest Moon yang pada saat itu belum rilis di PC. Namun, ada komunitas-komunitas pemain yang mempunyai dedikasi lebih dalam mengoptimalkan operasi mereka. Sehingga ada banyak mod Stardew Valley, membuat pemain dapat mengubah pengalaman gaming secara drastis sesuai selera. Tampilan grafisnya sama-sama mengikuti gaya piksel retro, namun game RPG ini tidak kekurangan fitur dan konten yang menghidupkan permainan.

2. Farming Simulator 19

Farming Simulator 19 adalah game agrikultur realistis terbaik PC 2020 dan kita dapat dengan mudah mendapatkan game ini dari Steam. Dalam permainan, kita berperan sebagai petani modern. Giants Software mengembangkan simulasi permainan otentik dimana pemain benar-benar disimulasikan seperti seorang petani sungguhan. Menariknya, pemain diberi kesempatan untuk menggunakan kendaraan berteknologi tinggi dan alat-alat yang akan membantu mengembangkan pertanianya sendiri atau bisa bermain dengan pemain lain.

Game ini dipenuhi dengan kegiatan pertanian yang realistis termasuk ketika mengemudikan dan menggunakan beberapa alat dan kendaraan tersebut. Ada lebih dari 300 alat dan kendaraan produsen terbesar, seperti Case IH, New Holland, Challenger, Fendt, Massey Ferguson, Valtra, Krone, Deutz-Fahr, dan banyak lagi. Tujuan utama permainan adalah mengelola, memperluas dan mengembangkan bisnis agrikultur, tentu saja pemain perlu perlu bertani, menanam, merawat, dan memanen berbagai jenis tanaman seperti bunga matahari, kedelai, tebu, gandum, kapas dan banyak lagi. Selain itu juga perlu mengelola peternakan untuk meningkatkan penghasilan.

3. Farming Simulator 17

Farming Simulator 17 adalah salah satu game simulasi terbaik lainnya PC 2020. Game ini sarat dengan kejutan segar dan banyak fitur yang ditingkatkan yang mengharuskan pemain menjadi protagonis untuk mengambil tantangan seru di dunia pertanian modern. Dalam permainan besutan Giants Software ini, pemain akan terlibat dalam kegiatan sehari-hari seperti menanam, merawat, memanen tanaman, dan menjual produk. Termasuk aktivitas lain seperti penebangan kayu, dan banyak lagi.

Pemain harus mengambil keputusan strategis bagaimana mengelola dan menumbuhkan usaha agrikultur di dunia yang besar dan terbuka. Jika pekerjaan permainan semakin berkembang, pemain akan mendapatkan kesempatan untuk mengendalikan armada kendaraan dan mesin pertanian seperti di dunia nyata. Game ini akan memberi pengalaman gaming yang realistis dan mendalam. Farming Simulator 17 akan menjadi simulasi pertanian yang paling menarik dan menantang dalam membuka ratusan hektar lahan baru.

4. My Time At Portia

My Time At Portia secara khusus bukan termasuk permainan bertani murni, malah cenderung memadukan RPG dan sim kehidupan dari genre game crafting di dunia fantasi open-world yang menarik. Ceritanya tentang seorang protagonis yang mewarisi usaha keluarga di suatu pulau kecil pasca bencana apokaliptik – Portia. Pemain harus memperbaiki dan memperluas usaha yang ditinggalkan ayahnya tersebut. Portia adalah rumah bagi sekelompok karakter unik dimana pemain dapat berinteraksi sosial, berteman, dan bahkan menikah.

Meskipun bertani bukanlah fokus utamanya, pemain pada akhirnya akan membuat perkebunan, menanam tanaman, atau memelihara hewan. Atau jika tidak ingin melakukan aktivitas yang tidak terlalu intens, pemain bisa menjelajahi Portia, memancing, dan berpetualang dengan bebas. Halaman depan rumah pemain menghadap langsung ke tanah petani lokal setempat, sehingga tinggal melompati pagar untuk berkunjung. My Time at Portia tentu saja salah satu permainan yang menyenangkan dalam daftar ini.

5. Kynseed

Kynseed adalah karya pertama dari sekelompok mantan pengembang seri Fable. Game besutan PixelCount Studios sudah ada di Steam Early Access Game selama lebih dari setahun dan telah menerima banyak pembaruan selama waktu itu. Mengusung tampilan 2D bergaya piksel retro dengan engine kekinian, game RPG ini terlihat begitu meriah dan tajam di layar. Kynseed menawarkan dunia terhampar luas untuk dijelajahi yang memberinya kekhasan tersendiri dibanding beberapa game pertanian lainnya dalam daftar.

Meskipun masih berputar di sekitar menanam tanaman, berteman dengan penduduk kota, dan menjelajahi dunia, namun ada unsur humor yang sengaja diwariskan dari seri Fable. Tentu ini memberi Kynseed rasa yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan Stardew Valley atau My Time At Portia.

6. Harvest Moon: Light of Hope Series

Light of Hope adalah versi orisinal dari rangkaian seri Harvest Moon di PC. Light of Hope adalah perpaduan antara RPG dan simulasi dengan grafis bergaya kartun yang indah penuh warna. Meskipun tidak diterima dengan baik seperti Stardew Valley, Light of Hope memiliki keseimbangan yang sama dalam pertanian dan kehidupan sosial seperti game Harvest Moon sebelumnya dan masih menawarkan banyak pesona dari seri bersejarah ini. Konsepnya mengikuti formula umum pada game simulasi pertanian lainnya.

Nilai jual utamanya terletak pada sisi plot yang menarik. Protagonis terdampar di kota pesisir, karena kapal yang ditumpanginya karam akibat cuaca buruk. Kota ini pada dasarnya telah ditinggalkan, tetapi dia merasa bahwa keadaan tersebut merupakan suatu tantangan. Pemain harus membantu membangun kembali kota dan mercusuar, tetapi itu tidak akan mudah. Dengan kerja keras menanam tanaman, merawat ternak, dan mengumpulkan bahan untuk perbaikan, pemain akan dapat menjalin pertemanan baru, memulai sebuah keluarga, serta membangun kembali mercusuar dan kota.

7. Farmer’s Dynasty

Farmer’s Dynasty menawarkan pengalaman bermain yang sama sekali baru dengan memadukan unsur simulasi kehidupan dengan unsur permainan peran dan permainan simulasi pertanian klasik. Pemain dituntut mengembangkan bisnis pertanian peninggalan keluarga dengan menanam, merawat, memanen sayuran, merawat hewan, dan menjual produk baik di kandang, ladang atau di rumah kaca. Interaksi dengan dunia terbuka yang luas dan sosial adalah bagian penting dari sim kehidupan, termasuk mencari pasangan hidup dan bahkan punya anak.

Seperti di Farming Simulator, pemain juga dapat mengendalikan mesin pertanian dan traktor. Atau dia juga bisa menggantinya dengan traktor baru untuk menggantikan traktor yang sudah tua dan berkarat. Ada juga beberapa aktivitas yang kurang intens seperi berkemah, memancing, atau menikmati pemandangan, persawahan, dan peternakan lewat drone.

8. Verdant Skies

Verdant Skies menawarkan jenis permainan pertanian yang berbeda. Alih-alih menanam tanaman yang dikenal seperti jagung atau labu yang umum, pemain akan menanam tanaman ruang angkasa yang dimodifikasi secara genetik. Alih-alih menjadi petani tradisional di pedesaan, pemain menjadi anggota terbaru dari koloni ruang angkasa. Kalian akan membantu membangun dan memperluas kapasitas koloni dengan sumber daya yang ditemukan dan dikumpulkan agar menarik orang-orang baru untuk bergabung dengan koloni. Seperti game pertanian lainnya dalam daftar, Verdant Skies juga memungkinkan protagonis untuk berteman dan akhirnya menikah dengan sesama koloni.

Verdant Skies mempunyai elemen plot yang kaya dan menarik. Fitur yang paling menarik adalah ketika melakukan rekayasa penciptaan jenis tanaman baru. Benih dapat dikembangkan dengan membuat versi tanaman yang lebih kuat dengan sifat-sifat seperti retensi air atau merekayasa percepatan pertumbuhan. Pada akhirnya, keberhasilan pertanian tergantung pada efisiensi dan inovasi, jadi jika kalian menyukai sisi permainan manajemen maka game kasual ini patut dicoba.

9. Doraemon Story of Seasons

Dalam kombinasi yang tidak biasa, Doraemon Story of Seasons memadukan seri pertanian klasik yang belum pernah dirilis sebelumnya di PC dengan karakter Manga populer dari tahun 70-an. Pemain akan ditawarkan sebuah game pertanian bergaya kartun dengan desain efek yang indah di tepi-tepi layar. Game ini membawa sedikit budaya Jepang, sesuatu yang tidak dipunyai oleh game lain yang dikembangkan di Jepang juga seperti seri Harvest Moon.

Pemain melakukan aktivitas petani tradisional pada umumnya, seperti menanam tanaman, memelihara hewan, dan membantu di sekitar kota Natura berteman dengan penduduk desa dan menghadiri festival lokal. Seperti yang dikatakan oleh banyak penggemar, Story of Seasons adalah seri rebranding Harvest Moon yang solid, setelah kehilangan hak atas nama Harvest Moon. Jadi, apakah kalian mau membantu Doraemon, Nobita, dan kawan-kawan berkebun?

10. Staxel

Staxel memadukan tampilan gaya balok Minecraft yang berwarna-warni dan gameplay pertanian kasual Stardew Valley. Plukit menawarkan game sandbox dengan sistem lebih sederhana dan tidak terlalu menuntut dibanding game manajemen bertani yang umumnya mempunyai banyak daftar tugas. Staxel adalah game pertanian yang bagus untuk menghilangkan kepenatan setelah hari yang panjang. Ada banyak aktivitas yang tidak terlalu intens, seperti bermain-main dalam menangkap serangga, atau memancing. Pada akhirnya, Staxel dibangun untuk dinikmati sebagai permainan multi-pemain dan paling baik dimainkan sambil mengobrol santai dengan teman-teman.

No Responses

Write a response