10 Game JRPG Terbaik Pada PC

10 Game JRPG Terbaik Pada PC

Jika mengengok kebelakang saat dirilisnya Underground Exploration pada tahun 1982 oleh Koei, genre JRPG (Japanese Role Playing Game) telah meledak dalam beberapa dekade sejak itu. Sekarang, JRPG adalah industri besar dengan banyak game berkelas dan menawan yang dirilis setiap tahun dalam semua platform. Secara historis, memang genre ini terkait erat dengan konsol, dengan NES, SNES, dan PlayStation semuanya menjadi bagian dari zaman keemasan JRPG-dom. Namun sekarang, dengan port yang lebih sering dan bahkan beberapa game lawas mendapat remake atau edisi khusus pada PC, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk menjadi penggemar RPG Jepang selain sekarang. Berikut 10 game JRPG terbaik pada PC.

1. Trials of Mana

Dibesut Square Enix, Trials of Mana merupakan remake 3D dari seri RPG klasik Seiken Densetsu 3 yang dirilis di Jepang pada 1995. Trials of Mana sepenuhnya dibangun kembali dari bawah ke atas dengan grafis 3D modern dan gaya seni anime yang sangat cocok dengan permainan. Petualangan baru di dunia fantasi tersebut sepenuhnya dimodernisasi dengan peningkatan grafis, dukungan sulih suara karakter, soundtrack remaster, rekonstruksi sistem leveling karakter, dan perubahan sistem pertempuran berbasis hack-and-slash yang lebih aktif. Sisi plot mempunyai cerita yang tumpang tindih, dan hal itu menjadikan menarik dan meningkatkan replayability. Bertempat di dunia fantasi yang diselimuti kegelapan, Dewi Mana yang bersenjatakan pedang Mana, bertempur melawan delapan monster Benevodon dan menyegel mereka di dalam delapan batu Mana. Lemah karena membangun kembali dunia, Dewi mengubah dirinya menjadi pohon dan setelah bertahun-tahun menjadi layu. Namun, kekuatan jahat berusaha membebaskan Benevodon dan memulai peperangan. Tugas petualang pengguna mana adalah mencari pedang legendaris tersebut, mencegah bangkitnya Benevedon, dan menyelamatkan dunia dari ambang kehancuran. Permainan ini mengikuti tiga karakter hero dengan fitur tiga alur cerita utama panjang dan enam karakter utama yang mungkin berbeda, masing-masing dengan alur cerita mereka sendirian. Pemain dapat memilih protagonis favorit mereka dan dua sahabat dari enam karakter tersebut. Kisah heroik yang penuh percabangan akan dimainkan dengan cara yang berbeda tergantung pada siapa yang kalian pilih sebagai tokoh utama dan teman. Sementara, sistem peningkatan karakter telah dimodifikasi dengan menambahkan mekanik kemampuan baru dan kustomisasi yang luas.

2. Final Fantasy XV Windows Edition

Final Fantasy XV awalnya dirilis 2016 di PlayStation 4 dan Xbox One, dua tahun berselang mereka hadir di PC. FFXV Windows Edition tidak hanya menyertakan game inti tetapi juga semua konten DLC utama yang ditambahkan seperti Definitive Edition. Square Enix juga menambahkan beberapa fitur baru seperti Mod, fitur NVIDIA GameWorks, NVIDIA Ansel Support, mode orang pertama untuk melengkapi perspektif orang ketiga, dan peningkatan tampilan grafis resolusi tinggi dan HDR10. Mode permainan: solo, PvP, dan co-op. Permainan berlangsung di dunia terbuka Eos yang indah dan kisahnya adalah tentang putra mahkota Noctis Lucis Caelum putra dari Raja Regis Lucis Caelum dan teman-teman lamanya Ignis Scientia, Prompto Argentum dan Gladiol Amicitia. Game aksi-petualangan ini menekankan pada perjalanan dengan narasi panjang dan menarik. Kita benar-benar dapat merasakan ikatan emosional antara keempat individu ini dan itulah yang membuatnya unik. Sistem pertempuran berbasis hack-and-slash real-time dibuat dengan sangat baik, mudah dikuasai dengan penambahan senjata baru, panggilan atau summon, keterampilan, dan sihir. Ada beberapa aktivitas berbeda yang bisa dilakukan seperti fotografi, memancing, quest sampingan, mengendarai Chocobo atau terbang mengendarai Regalia untuk menjelajahi dunia, mengumpulkan semua aksesori, berpartisipasi di Altissa Monster Arena, bermain Justice Monsters Five, dan perburuan monster. DLC untuk game ini benar-benar memberikan permainan ekstra yang bagus, diantaranya Ardyn, Gladious, Prompto, Ignis dan kemudian ada Multiplayer Expansion: Comrades.

3. NieR: Automata

Nier Automata memadukan antara dunia sci-fi, melodrama yang digerakan alur cerita utama dan berisi banyak kisah percabangan, dan pertempuran hack-and-slash. Dirilis Square Enix, Automata menceritakan kisah android 2B, 9S dan A2 dimana manusia hampir punah dan hidup di bulan, sementara dunia game dibuat dengan detail dan indah dalam 60fps. Diatur di dunia pasca-apokaliptik akibat alien menginvasi planet bumi dan melepaskan mesin robot perusak, android yang dibangun oleh manusia akan bertarung melawan mesin robot, sehingga manusia dapat kembali ke dunia asalnya. Pemain akan mendapatkan berbagai jenis senjata, naik level dalam pertempuran, mempelajari keterampilan bertarung baru, dan menyesuaikan pemuatan yang sesuai dengan gaya bermain mereka. Pemain akan memainkannya dari perspektif android yang dilengkapi 2 slot senjata dan mesin pendukung pod yang terbang di sekitar protagonis. Pod dapat menyerang musuh baik dalam mode manual maupun mode lock-on, membantu di luar pertempuran, seperti memungkinkan pemain untuk meluncur di udara. Pod juga dapat disesuaikan dengan meningkatkan serangan baru dan variasi. Elemen pertarunganya mudah dipelajari untuk pendatang baru sambil menawarkan banyak kedalaman untuk gamer aksi yang lebih berpengalaman. Dalam pertempuran melawan gerombolan musuh dan bos yang menantang di berbagai peta lapangan terbuka, pemain dapat melakukan aksi pertempuran berkecepatan tinggi, menggunakan serangan jarak dekat dan serangan jarak jauh, menggabungkan serangan ringan dan berat, serta beralih melalui persenjataan sambil menghindari musuh dengan kecepatan dan gaya.

4. Chrono Trigger

Pertama kali seri Chrono Trigger muncul di Super Nintendo pada tahun 1995. Pada 1998 via Steam, game bergrafis 2D retro ini hadir di Windows mencakup semua konten dari port Nintendo DS, grafis resolusi tinggi, dukungan untuk kontrol mouse-keyboard, konten tambahan seperti wallpaper dan musik, serta fitur autosave. Kisah game anime ini mengikuti sekelompok petualang untuk mencegah bencana global melalui perjalanan melalui waktu. Ketika cerita ini berkembang, perjalanan dilakukan pada era-era yang berbeda: masa sekarang, abad pertengahan, masa depan, prasejarah, dan zaman kuno. Apakah kalian pemain pemula atau penggemar lama, game fantasi epik ini menjanjikan berjam-jam petualangan memikat dengan akhir cerita yang berbeda-beda tergantung keputusan pemain selama permainan. Pemain mengontrol protagonis dan tim menjelajahi peta dunia terbuka berupa ruang bawah tanah, hutan, dan kota yang menggambarkan lanskap dari tampilan overhead yang diperkecil. Pemain dapat berinteraksi dengan penduduk setempat untuk mendapatkan barang dan jasa, menyelesaikan teka-teki dan tantangan, atau menghadapi musuh. Tidak seperti RPG Jepang klasik pada umumnya, pertarungan terjadi langsung di peta dan bukan di layar terpisah. Selama pertempuran, karakter dapat melepaskan gerakan ‘Tech’ khusus, termasuk serangan fisik atau sihir dan menggabungkanya menjadi serangan kombo yang unik, sementara ada lebih dari 50 jenis kombo yang dapat dilakukan antara dua dan tiga karakter. Posisi musuh akan terus berubah seiring waktu, jadi pilih tindakan berdasarkan situasi yang diberikan. Setiap karakter dan musuh memiliki sejumlah poin hit, dan jika berkurang akibat serangan lawan bisa dipulihkan dengan ramuan dan mantra. Jika semua karakter pemain kalah dalam pertempuran, permainan berakhir dan harus memulai dari bab yang disimpan sebelumnya, kecuali bila terkait plot tertentu yang memungkinkan atau memaksa pemain untuk kalah.

5. Yakuza 0

Yakuza 0 adalah salah satu game fantastis bagi mereka yang menikmati dunia hitam mafia yang penuh aksi kekerasan. Permainanya berputar antara drama dengan humor, antara cerita dengan aksi, dan antara aksi arcade dengan dialog panjang yang ditulis dengan baik. Permainan berlangsung di dunia terbuka dan diatur pada tahun 80-an. Game memadukan permainan arcade beat-’em-up yang penuh dengan percakapan visual novel dan mini-game yang asyik dan menyenangkan seperti karaoke, pachinko, dan banyak lagi. Sekuel ini adalah game keenam dalam seri Yakuza yang mengikuti kisah dua karakter reguler Kazuma Kiryu dan Goro Majima. Entri terdahulu menjelaskan hubungan awal mereka dengan beberapa karakter lain yang muncul di game Yakuza di masa depan dan menunjukkan pertumbuhan masing-masing untuk menjadi karakter legendaris. Plotnya kompleks dan berpusat pada subjek intrik real estat di areal yang sedang berkembang. Dengan perspektif orang ketiga, sistem pertarungan Yakuza 0 jauh lebih interaktif dimana protagonis mempunyai tiga gaya bertarung berbeda untuk mengalahkan gerombolan musuh. Protagonis harus menghabisi semua preman di Tokyo dan Osaka, termasuk bos besar yakuza. Benda-benda lingkungan seperti sepeda, meja kursi, atau pintu mobil dapat digunakan untuk mematahkan tulang dan meng-KO secara brutal. Sedangkan elemen humornya sendiri berfungsi sebagai penurun ketegangan atas dominanya aksi-aksi intens dan dramatis.

6. Nioh: Complete Edition

Siap bertarung sampai mati? Dikembangkan dan dirilis oleh Koei Tecmo, Nioh menawarkan game aksi brutal souls-like para samurai. Walau pengembang menyebutnya sebagai souls-like yang berarti gameplay-nya sulit, tetapi tidak seperti game lain yang menyalin ulang elemen-elemen game blockbuster, tim pengembang Nioh telah menambahkan gaya mereka untuk mencoba memikat para penggemar aksi hardcore RPG. Gagasan tambahan itu dibangun di atas fondasi yang sudah kokoh, tetapi memungkinkan Nioh untuk menonjol di atas klon-klon lainnya yang diilhami dengan mekanika pertarungan yang rumit, beragam, dan lebih cepat. Kisah di balik Nioh berkisar tentang seorang pria misterius bernama William Adams. Menggunakan kapal, dia melarikan diri dari penjara Inggris dan terdampar didaratan Kyushu. Dunia Nioh benar-benar penuh dengan tokoh-tokoh sejarah, seperti Edward Kelley, Tokugawa Ieyasu, Ishida Mitsunari, dan mungkin tokoh paling terkenal dalam sejarah Jepang, Oda Nobunaga. Permainan mengambil setting waktu saat masa-masa terakhir periode Sengoku, dimana protagonis berjuang sendirian melawan para musuh ganas. Nioh sangat fokus pada elemen pertempuran menggunakan senjata tajam, penggunaan sihir, penjaga roh, dan ninjutsu. Ada lebih dari 30 pertarungan bos yang unik, beberapa dari mereka akan muncul kembali atau diturunkan sebagai musuh biasa selama permainan. Dan tidak seperti Dark Souls yang memiliki level area yang saling terhubung, disini pemain memilih sendiri misi utama atau samping dari peta. Complete Edition sendiri berisi permainan lengkap, serta tiga ekspansi dengan bab cerita tambahan: Dragon of the North, Defiant Honor, dan Bloodshed’s End.

7. God Eater 3

Dikembangkan oleh Marvelous dan dirilis oleh Bandai Namco Entertainment, God Eater 3 adalah game aksi role-playing dengan gameplay hack-and-slash. Marvelous menggantikan Shift sebagai pengembang karena Bandai Namco ingin membangun game baru yang berbeda dari pendahulunya. Tujuan pemain adalah berburu monster besar yang dikenal sebagai Aragami. Karakter pemain adalah God Eater yang dapat menyerap energi dari monster untuk melepaskan mode burst, serangan spesial yang membuat kerusakan hebat pada musuh. Gameplay di God Eater 3 lebih cepat daripada seri-seri sebelumnya dan pengembang juga menambahkan fitur baru seperti burst art yang meningkatkan intensitas pertempuran udara dan darat. Pemain dilengkapi dengan senjata Arc God yang dapat ditransformasi menjadi senjata untuk serangan jarak dekat. Sementara tiga senjata baru telah ditambahkan ke permainan yang mencakup “Biting Edge” yang dapat diubah menjadi senjata berbilah ganda, “Heavy Moon” yang merupakan jenis senjata chakram yang dapat diubah menjadi kapak gergaji besar, dan senjata “Ray Gun” yang dapat menembak sinar laser terkonsentrasi. Musuh baru yang berbahaya, Ash Aragami dapat meningkatkan kekuatan secara eksponensial dengan memanfaatkan serangan devours dan memasuki mode burst untuk merubah arah pertempuran. Musuh-musuh ini tidak bisa dianggap enteng dan akan mengharuskan kita untuk mengambil senjata baru tersebut. Dengan karakter AI, pemain dapat mengaktifkan Sistem Engage untuk membantunya selama pertempuran. Mode permainan: solo, PvP, dan dapat dimainkan secara kooperatif dengan empat pemain lain, sementara misi serbuan kompatibel hingga 8 pemain.

8. Ni no Kuni II: Revenant Kingdom

Ni no Kuni II: Revenant Kingdom memadukan game aksi role-playing yang dimainkan dari perspektif orang ketiga dan sim bangunan dengan pandangan atas-bawah. Kemampuan manajemen sangat diperlukan disini, pemain memiliki kemampuan strategi untuk membangun dan mengelola kerajaan Evan, dengan fokus pada membangun gedung, menghasilkan sumber daya, atau pengaturan tenaga kerja di dalam kota. Berbasis permainan linier, pemain menyelesaikan quest dengan urutan yang ditetapkan untuk menyelesaikan cerita utama. Di luar quest, karakter pemain yang digambarkan dengan desain seperti chibi, dapat dengan bebas menjelajahi dunia terbuka, baik kota, desa, ruang bawah tanah, dan tempat berbahaya lainnya. Ketika menghadapi musuh, kita memasuki sistem pertarungan real-time yang menyenangkan. Pertempuran terjadi di medan perang terbuka, yang memungkinkan pemain bebas berkeliaran di sekitar area. Pemain menggunakan serangan ringan dan berat untuk membangun kombo, menghindar dan memblokir serangan musuh, menggunakan serangan jarak dekat dan kekuatan magis, serta memakai bantuan makhluk mungil “Higgledies”. Kita dapat membangun sekelompok tim yang terdiri dari tiga karakter dan bertukar di antara mereka kapan pun. Kalian pasti mencoba berbagai perubahan formasi untuk mencari kombinasi tim yang tepat karena setiap karakter memiliki gaya bertarung dan skill unik yang berbeda. Butuh waktu sekitar 50 jam untuk menyelesaikan cerita utama dari game anime fantasi ini, itupun masih banyak quest sampingan yang tersisa.

9. Code Vein

Dikembangkan dan dirilis oleh Bandai Namco, Code Vein menggabungkan gameplay dari seri Dark Souls dan animasi yang terinspirasi dari God Eater 3. Dimainkan dari perspektif orang ketiga, permainan role-playing aksi dunia terbuka yang diatur dalam lingkungan dystopian pasca-apokaliptik akibat bencana hebat yang dikenal sebagai Great Collapse. Seiring waktu, muncul monster ganas dan manusia menciptakan pejuang perlawanan Revenant untuk melawan mereka. Revenant dibuat dari mayat hidup yang dibangkitkan lagi dan membutuhkan darah manusia sebagai makanan dan mencegah mutasi menjadi bentuk makhluk Lost yang bersifat kanibal. Demi mencegah penyebaran Lost yang tak terkendali, pemain bekerja sama dengan mitra AI atau teman di multiplayer co-op dan menjelajah dunia fantasi yang hancur. Sesuaikan kemampuan karakter utama dengan menambah level “blood code” yang kuat, masing-masing memberi akses ke berbagai kekuatan khusus yang dapat meningkatkan kekuatan karakter, melemahkan musuh, dan memungkinkan untuk memanfaatkan kemampuan senjata baru atau mengakses serangan dahsyat. Sedangkan senjata dan armor juga dapat di-upgrade, dan pengembang menawarkan banyak pilihan bagus yang akan mengakomodasi “blood code” spesifik apa pun yang pemain pilih untuk diadopsi. Habisi lawan dengan alat penguras darah yang kuat, masing-masing dengan gaya visual dan serangan mereka sendiri yang unik yang membuka segudang strategi tempur baru. Kematian mungkin terasa permanen tetapi sistem levelling tetap utuh. Sehingga, pemain bisa mengubah kelas karakter kapan saja, membuka kunci kemampuan untuk menggabungkan dan mencocokkan keterampilan, atau memilih NPC berbeda untuk bermitra, yang semuanya dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati.

10. Octopath Traveler

Octopath Traveller merupakan videogame bermain peran yang dikembangkan atas kerjasama Square Enix dengan Acquire. Pertama dirilis untuk platform Nintendo Switch pada Juli 2018, Microsoft Windows pada Juni 2019, kemudian Google Stadia pada April 2020. Terinspirasi oleh RPG retro 2D, versi PC memberikan tampilan visual dengan elemen realistis yang indah diatur dalam dunia 3D. Visual yang lebih sederhana namun indah ini akan menyulut imajinasi lebih tinggi daripada grafis hiper-realistis. Permainan ini menempatkan pemain dalam peran salah satu dari delapan petualang untuk melakukan perjalanan epik melintasi dunia Orsterra yang luas dan menakjubkan. Masing-masing karakter berasal dari belahan dunia berbeda yang mencakup 8 wilayah, sehingga memberi 8 kisah yang berbeda pula. Kita dapat menyelesaikan semuanya dalam satu permainan tunggal jika mau. Setiap karakter diberi kemampuan untuk berinteraksi dengan NPC yang dibagi menjadi dua kategori: Noble, dimana level karakter dan jumlah mata uang akan mempengaruhi efektivitas interaksi, dan Rogue, dimana karakter memilihi resiko kehilangan kredibilitas atas NPC lain. Sesuatu yang sangat penting bagi inti permainan ini adalah kenyataan bahwa anggota karakter tidak pernah memaksamu. Jadi, memungkinkan kita untuk menyelesaikan misi sampingan dan skenario cerita dalam beberapa cara yang berbeda, alih-alih semua yang telah ditetapkan sebelumnya oleh penulis. Jika bertemu musuh di dunia terbuka, pemain masuk sistem pertarunganya berbasis giliran yang mudah diakses namun dalam. Protagonis perlu menerobos garis musuh dengan mengidentifikasi dan menargetkan kelemahan mereka.

No Responses

Write a response