10 Game Edukasi Anak Terbaik di Android

10 Game Edukasi Anak Terbaik di Android

Masa kanak-kanak adalah bagian penting dari perkembangan manusia dimana banyak menerima informasi pada masa-masa mereka mempunyai daya ingatan paling kuat. Dengan smarphone yang bisa dijadikan media alat bantu belajar, sekarang tugas orang tua sedikit lebih mudah dalam mengajar hal-hal baru kepada anak-anak mereka dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi permainan tersebut bermanfaat untuk mengembangkan otak kanan, kreativitas, kemampuan kognitif, dll. Berikut adalah daftar game edukasi anak terbaik di Android. Semua entri berbahasa Inggris, dan tentu saja hal ini malah bagus dengan mengenalkan salah satu bahasa internasional tersebut sejak dini.

1. Educational Games for Kids

Dirilis oleh AppQuiz, Educational Games for Kids menghadirkan cara belajar yang menyenangkan bagi anak-anak diatas 3 tahun. Mekanika permainan dan antarmuka dirancang dengan sederhana, mudah digunakan, dan disesuaikan dengan alat pendidikan untuk anak-anak prasekolah maupun diatasnya. Ada 12 kategori permainan dalam satu aplikasi, diantaranya pengenalan objek, teka-teki labirin, puzle bergambar, pengenalan bentuk, waktu, warna, huruf, dll. Game ini memberikan banyak manfaat buat si buah hati: meningkatkan memori ingatan, konsentrasi, pengetahuan, melatih otak kanan, kemampuan kognitif, kreativitas, dan imajinasi. Game ini juga dapat digunakan sebagai alat bantu terbaik untuk membantu meningkatkan kecepatan reaksi, koordinasi otak dan tangan, dan latihan kemampuan visual untuk mengamati objek dinamis.

2. ABC Kids

ABC Kids merupakan aplikasi permainan yang membantu perkembangan fonetik yang menjadikan belajar lebih menyenangkan untuk anak-anak, mulai dari balita hingga prasekolah, TK, atau tingkat diatasnya. Game gratis besutan RV AppStudios ini sangat bagus digunakan untuk memperkenalkan huruf alfabet, belajar membaca, dan menulis, tentunya dalam bahasa Inggris. Sepertinya aplikasi ini juga kompatibel dengan sistem pendidikan di negara kita, karena tingkat TK pun sudah diperkenalkan bahasa Inggris, atau ketika orang tua berinisiasi memperkenalkan salah satu bahasa internasional ini kepada si buah hati secara dini. Desain antarmuka dirancang khusus agar tidak bisa keluar dari permainan tanpa sengaja. Orang tua dapat menyesuaikan pengaturan menggunakan mode guru, melihat laporan perkembangan, atau beralih permainan tracing dan fonik untuk memfasilitasi pembelajaran dengan lebih baik.

3. The Endless Kids Games

The Endless merupakan koleksi permainan anak-anak berseri dari Originator. Didalamnya termasuk Endless Alphabet, Endless Reader, Endless Number, Endless Wordplay, Endless Spanish, dan Endless Reader: School Edition. Permainan relatif mudah dimainkan, tampilan penuh warna, animasi yang menarik, dan antarmuka yang disesuaikan untuk umur di atas tiga tahun. Sesuai judulnya, masing-masing memiliki permainan spesifik tersendiri, seperi pengenalan huruf, angka, merangkai kata, atau kalimat. Semuanya merupakan gratis dan memiliki sedikit konten, dan kalian bisa melakukan pembelian untuk mendapatkan konten dan fitur lebih lengkap. Entri terakhir merupakan game premium dan secara mengejutkan terbilang mahal.

4. Starfall

Starfall permainan gratis yang membantu anak-anak belajar membaca, menulis kalimat, matematika, lagu, cerita fiksi dan non-fiksi, dan banyak lagi. Starfall bisa di unduh gratis di Play Store dan memberi kita beberapa konten dasar. Situs web resmi juga memiliki banyak konten bagi tablet atau komputer pribadi. Ada berbagai tingkatan berlangganan jika kita menginginkan beberapa konten yang lebih lengkap dan terbilang berbiaya rendah. Tingkatan yang lebih mahal adalah untuk guru dan sekolah. Dengan Starfall versi seluler yang bisa di bawa kemana-mana, anak-anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. Secara tidak lansung memberikan mereka manfaat untuk terus berpikir positif, percaya diri, dan lebih termotivasi.

5. Bubadu Games

Bubadu adalah studio pengembang yang telah merilis banyak permainan menarik buat anak-anak. Koleksi mereka tidak semuanya luar biasa, tetapi beberapa entri game layak untuk dicoba. Koleksi mereka tidak selalu memiliki nilai edukatif tetapi semua menyenangkan untuk dimainkan, memiliki tampilan dan visual penuh warna dan menarik, kontrol dan antarmuka yang sederhana. Setiap permainan memiliki perangkat mekanisnya sendiri, tetapi mereka tidak pernah sulit untuk dipelajari dan ide-ide yang disajikan akan melatih kreativitas dan imajinasi. Kalian dapat mengunduh semua koleksi secara gratis, namun untuk mendapatkan konten lengkap biasanya pengembang menawarkan pembelian dalam aplikasi. Koleksi permainan: Bubbu (permainan kucing virtual), Bubbu Restaurant, Duddu (permainan anjing virtual), Pixie the Pony (permainan kuda poni), dan Bubbu Jewels (game puzzle).

6. Intellijoy Games

Intellijoy adalah pengembang spesialisasi permainan anak-anak yang populer di Google Play Store. Ada ;ebih dari 40 judul game yang ditawarkan, sebagian besar aplikasi dan permainan mereka mempunyai rating tinggi dan bagus untuk anak-anak yang lebih kecil. Kalian dapat menelusuri seluruh koleksi mereka dengan mengklik subjudul diatas. Pilihan lain adalah menggunakan aplikasi all-in-one mereka untuk membeli semua game dengan harga yang lebih rendah jika dibanding pembelian terpisah. Jika kalian tidak ingin melakukan transakasi pembelian, maka hampir semua entri hadir dengan versi gratis, namun tetap saja ada opsi pembelian dari masing-masing aplikasi untuk mendapatkan konten lebih lengkap.

7. Human Heroes Einstein’s Clock

Human Heroes adalah permainan anak-anak dengan unsur-unsur pendidikan dengan menampilkan fisikawan ikonik Albert Einstein yang disuarakan dengan baik oleh Stephen Fry. Dengan karakter 3D interaktif, permainan ini akan membantu mengajari anak-anak bagaimana konsep waktu bekerja yang menyenangkan dan menceritakan lelucon lucu sepanjang permainan. Dengan kontrol dan antarmuka yang sederhana, si buah hati akan mudah memutar jarum jam dan menit untuk mengonfigurasi waktu: o’clock, quarter and half, dan past dan to. Ketika mengubah jarum jam ke depan atau kebelakang, maka akan terjadi mekanisme perubahan watu dan siklus siang atau malam. Human Heroes meyediakan 8 level, bisa dimainkan offline tanpa memerlukan koneksi internet atau Wi-fi, grafis berkualitas tinggi, dan merupakan permainan gratis tanpa pembelian dalam aplikasi.

8. Khan Academy Kids

Khan Academy Kids adalah salah satu game Android pendidikan yang diperuntukan untuk anak-anak. Dari pengembang yang juga merancang Khan Academy, dimana cukup populer, berating tinggi, dan merupakan platform gratis untuk media belajar orang dewasa. Versi anak-anak memiliki berbagai permainan mini yang membantu mengajarkan banyak ilmu dasar, termasuk membaca, menulis, bahasa, matematika, logika, dan ekspresi. Versi Kids juga sepenuhnya gratis, tanpa pembelian maupun iklan dalam, dan tanpa harus berlangganan, sehingga menjadikanya pilihan yang menarik bagi orang tua. Dengan mekanika permainan sederhana, game ini cocok untuk anak-anak tingkat prasekolah hingga TK atau kelas di atasnya.

9. LEGO

Game LEGO bisa menjadi media anak-anak untuk menyalurkan kreativitas dan imajinasi mereka. Ada lebih dari 10 entri dalam koleksi yang buat oleh LEGO System A/S ini, diantaranya tentang buku komik, katalog, kereta, mobil, bangunan, Star Wars, dan banyak lagi. Sebagian besar merupakan permainan petualangan dengan berbagai mekanisme, tetapi hampir setiap entri mudah dipelajari dan menyenangkan untuk dimainkan. Semuanya gratis dimainkan, beberapa diantaranya menyertakan opsi pembelian dan tanpa pembelian dalam aplikasi. Ada beberapa entri dimana kita bisa berinteraksi dengan produk yang ada. Misalnya, penambahan elemen augmented reality pada LEGO Hidden Side. Kami benar-benar menghargai LEGO dari salah satu dari sedikit pengembang yang mencoba hal-hal canggih dalam produk anak-anak.

10. Masha and the Bear

Setelah sukses dalam program serial kartun di TV, Masha and the Bear juga hadir dalam permainan platform seluler. Suara asli dari animasinya tetap dipertahankan dan menampilkan semua karakter. Ada 13 mini game gratis yang bisa di mainkan anak-anak usia 2 hingga 9 tahun, dan tentunya memiliki nilai edukasi. Masha and the Bear merupakan game puzzle interaktif yang lucu, bermanfaat untuk membantu mengembangkan reaksi dan koordinasi, mengajarkan angka dan dasar-dasar matematika, mengembangkan konsentrasi, memori, visual, dan keterampilan investigasi dengan angka. Dengan antarmuka intuitif yang dirancang khusus, memiliki banyak konten mendidik, dan kesempatan belajar hal-hal baru, orang tua tidak perlu khawatir jika si buah hati menghabiskan waktu bermain lewat smatphone.

No Responses

Write a response