10 Game Catur Terbaik Android

10 Game Catur Terbaik Android

Bermain sekak tidak hanya sekedar bersenang-senang melaksanakan hobi, tapi juga dapat melatih ketajaman otak. Menjadi salah satu permainan papan klasik paling menarik, catur mudah dipelajari namun sulit dikuasai. Walau tidak sepopuler permainan papan konvensional, mengingat jumlah upaya dan latihan mental yang dibutuhkan pecatur, maka telah dianggap sebagai salah satu permainan paling kompetitif. Bagaimana kita bisa sejajar dengan para pemain pro? Tentu dengan kerja keras dan berlatih berulang-ulang. Bagi pemain veteran, tidak ada alasan untuk menguji kecerdasan melawan pemain online lain dari seluruh dunia atau dengan teman-teman mereka. Tentu saja ada berbagai aplikasi permainan yang akan membantumu mulai dari ilmu dasar sampai anotasi dari Grandmaster terhebat. Berikut 10 game catur terbaik Android yang bisa kami temukan di Google Play Store.

1. Chess Free

Dikembangkan dan dirilis AI Factory, Chess Free menjadi permainan papan skak 2D dan 3D sederhana dan mungkin juga paling populer di platform ponsel. Aplikasi memiliki semua hal dasar yang mencakup 12 tingkat kesulitan berbeda, mode kasual untuk pemain baru dan mode pro bagi pemain veteran, antarmuka sederhana, papan peringkat, dan bahkan penghematan cloud. Kita juga dapat memilih delapan tema aplikasi papan dan bidak berbeda, lantas menantang AI. Tidak ketinggalan mode online antar 2 pemain global, atau bisa juga satu perangkat untuk 2 pemain. Ada tutorial lengkap bermain dari dasar yang menunjukkan langkah-langkah yang disarankan untuk dilakukan, sehingga dapat mengembangkan strategi, keterampilan, dan menghindari kesalahan sederhana. Chess Free memakai mesin Treebeard seperti dalam MSN Microsoft, namun untuk kenyamanan bermain, mekaniknya telah dimodif dengan gaya smartphone. Versi gratis ini tidak memiliki pembelian dalam aplikasi, tetapi memiliki iklan yang berkoneksi internet, karenaya bisa memakan biaya data.

2. Chess Play & Learn

Seperti namanya, aplikasi berasal dari chess.com dan bertujuan membantu kita mempelajari dasar-dasar bermain catur dan diharapakan mencapai level pemain pro. Pemain dapat bermain melawan AI atau komputer dengan tingkat kesulitan yang dapat disesuaikan untuk mengasah keterampilan sebelum duel melawan lawan nyata. Komputer juga akan menganalisis kesalahan dan membantu melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk menghindari kesalahan di masa mendatang. Ada lebih dari 20 tema dan papan untuk dipilih, jadi tidak ada penampilan yang membosankan dimasa datang. Tidak masalah jika benar-benar amatir soal skak, kita dapat memperoleh banyak pengetahuan menggunakan tutorial interaktif dengan tips dan video dari Grandmaster terhebat. Pengguna dapat bermain online dengan pemain nyata di seluruh dunia dan bahkan berinteraksi dengan mereka selama pertandingan sebab forum komunitasnya aktif. Atau bermain mode blitz real time dan memecahkan lebih dari 50 ribu teka-teki. Aplikasi ini gratis, tetapi ada iklan dan pembelian dalam aplikasi. Spek smartphone atau tablet dengan setidaknya versi 4.4 atau lebih tinggi dapat menjalankan game freemium ini.

3. Play Magnus

Play Magnus adalah permainan catur 2D yang disetel dari bawah ke atas berdasarkan cara bermain Grandmaster Magnus Carlsen. Seperti judulnya, lawan bermainya adalah pecatur profesional Magnus Carlsen. Kita dapat memilih untuk bermain melawanya dengan tingkat kesulitan tertentu yang diasosiasikan dengan usianya saat 5 tahun hingga 27 tahun. Gameplaynya juga berfungsi sebagai seleksi yang sulit karena keahlian lawan terus membaik seiring bertambahnya usia. Elemen antarmuka dibuat dengan indah, kontras, dan bersih menggunakan warna-warna modern. Ada juga hal-hal seperti dorongan “kekuatan otak” dan magnometer yang memungkinkan kita melihat melalui wajah poker Magnus. Aplikasi juga mencakup video pelatihan dan opsi turnamen. Menurut deskripsi, pemain yang memenuhi kualifikasi bahkan dimungkinkan bermain melawan Magnus sendiri di lokasi rahasia setiap tahun, tentu hal tersebut juga merupakan strategi pemasaran juga. Beberapa mengklaim mesin komputernya tidak sehebat Magnus sendiri, namun secara keseluruhan Play Magnus adalah permainan freemium yang layak mendapat tempat.

4. DroidFish Chess

Dirakit berdasarkan pada mesin catur Stockfish yang populer, DroidFish menawarkan serangkaian fitur inti yang sama termasuk dukungan PGN, FEN, dan EPD. Pengembang dengan serangkaian papan dan tema yang unik untuk dipilih, dukungan untuk tabulasi Syzygy atau Gaviota, dan dukungan untuk aplikasi engine lainnya. Ada jam khusus di sini, sehingga membuatnya jauh lebih mirip dengan permainan catur nyata. Seperti kebanyakan aplikasi, kita dapat menyesuaikan tingkat kesulitan dengan mengubah kekuatan mesin. Antarmuka dirancang cukup simpel dan tidak terlalu menjadi perhatian, namun tidak mengurangi kualitas gameplay dan tujuan permainan. Beberapa fungsi kecil seperti getar dan suara juga dapat dikontrol oleh pengguna. Mode-mode tersebut dapat diatur menyesuaikan kenyamanan pemain. Walau terkesan tidak konvensional, kadang-kadang elemen itulah yang kita butuhkan dari permainan seluler. DroidFish merupakan permainan gratis bagi pecatur serius atau gamer veteran, dan tidak memiliki pembelian dalam aplikasi atau iklan di dalamnya. Pengembang melakukan pembaruan secara berkala, sehingga kita dapat yakin mendapatkan informasi tentang fitur-fitur baru.

5. Chess Tactics Pro (Puzzles)

Chess Tactics Pro memberi kita permainan puzzle skak untuk dipecahkan sekaligus pengetahuan mendalam tentang seluk beluk catur. Ada tiga mode permainan: teka-teki harian, paket puzzle offline, dan mode “progress” dengan tingkat level acak, sementara dua mode pertama bisa disesuaikan tingkatan kesulitanya. Setiap teka-teki dirancang dengan kualitas tinggi dan dijamin memiliki solusi berbeda-beda. Mesin yang diusung juga berfungsi untuk menganalisa puzzle secara mendetail. Ada berbagai tema papan untuk dipilih, jadi kalian tidak perlu khawatir bosan dengan pengaturan papan setelah interaksi yang lama dengan permainan. Antarmuka dibuat sederhana dan intuitif, semua elemen berfungsi seperti yang diharapkan, dan pengembang cukup bangga dengan kenyataan bahwa tidak ada masalah berarti yang mempengaruhi kinerja game. Chess Tactics Pro gratis untuk diunduh, meskipun kita harus berurusan dengan iklan dan opsional pembelian dalam aplikasi. Aplikasi kompatibel dengan perangkat Android versi 4.1 dan lebih tinggi. Pengembang telah mengoptimalkan game ini untuk ponsel cerdas dan tablet, jadi ada banyak kesenangan yang bisa didapat jika kita memiliki perangkat berlayar besar.

6. CT-ART 4.0

CT-ART 4.0 adalah salah satu permainan offline catur terbaik bagi mereka yang ingin belajar. Berisi konten 2.200 latihan dasar, 1.800 latihan tambahan, dan 50 topik untuk dipelajari. Setiap latihan memiliki tujuan yang berbeda dan dimaksudkan untuk mengajarkan varian taktik yang berbeda pula. Selain itu, program akan melacak peningkatan ELO selama maju melalui aplikasi. CT-ART secara teknis lebih diklasifikasikan sebagai aplikasi instruksional daripada game murni. Metode pengajaranya termasuk kursus taktik, strategi, pembukaan, midgame, dan endgame. Aplikasi diperuntukan bagi pemain amatir, veteran, hingga profesional dengan membaginya kedalam level sampai 180 tingkatan. Gameplay dibuat berdasar instruksi Grandmaster Maxim Blokh dengan pengalaman selama 20 tahun praktik kursus dan disusun sesuai urutan yang memastikan pembelajaran paling efisien. Setiap posisi dirancang dalam format mini 5×5 dan dilengkapi dengan petunjuk khusus, ini dimaksudkan untuk menyampaikan esensi dari manuver taktis secara lebih mendalam.

7. Real Chess

Diterbitkan Alienforce, aplikasi permainan papan Real Chess membawa game catur klasik kedalam dimensi baru. Dengan grafik 3D menawan, kita dapat merasakan semua keindahan berinteraksi dengan set papan dan bidak catur virtual, baik 2D atau 3D sesuai pilihan selera. Real Chess memberikan semua elemen dasar dibutuhkan: mode solo melawan AI dengan 2.400 tingkat kesulitan, gameplay online PvP melawan pemain global, fitur “matckmaking” adil yang mempertemukan antar pecatur selevel, dan fitur obrolan selama pertandingan daring. Pengembang terus memberi pembaruan berkala, memastikan optimasi dan kinerja aplikasi bekerja dengan baik. Dari umpan balik pengguna, mereka mengharapkan aplikasi mendapat tambahan beberapa mode turnamen untuk membuatnya lebih kompetitif dan memberikan beberapa opsi autocommenting.

8. Really Bad Chess

Really Bad Chess memiliki gameplay yang unik dan menantang. Sekilas memang terlihat seperti permainan catur standar, namun yang satu ini memungkinkan kita bermain dengan gaya berbeda. Alih-alih melakukan pembukaan normal, bayangkan bagaimana jika pemain memiliki 3 ratu dan 2 pion atau 5 menteri dan 2 ratu atau komposisi acak lain untuk memulai! Papan dan gerakan bidaknya tetap sama, komposisinya saja yang berbeda. Tenangkan saraf dan terus mainkan, setelah melihat kejutan yang menyenangkan sekaligus membingungkan, kalian akan segera menguasainya. Versi gratisnya memungkinkan pemain bertarung dengan AI dalam beberapa mode permainan berbeda. Sedangkan versi premium menambahkan mode versus, menghapus iklan, menambahkan tema, dan beberapa perubahan kecil lainnya. Really Bad Chess akan memberikan jenis tantangan baru dan menyisihkan pemahaman tentang pola permainan yang normal.

9. Lichess

Dirancang khusus untuk pecatur sejati, aplikasi ini bersifat open source jika ingin melihat cara kerjanya, tanpa iklan, dan 100 % gratis untuk dinikmati. Lichess termasuk salah satu aplikasi paling lama yang muncul dalam daftar, tapi juga merupakan salah satu yang paling solid. Premis utamanya adalah bermain online melawan pemain lain lewat berbagai mode permainan dan turnamen, sementara ada 150 ribu pemain aktif dari lebih 1 juta yang mengunduh dan terus berkembang pesat. Jadi, seharusnya tidak terlalu sulit untuk menemukan lawan sepadan. Bermain solo? Tidak masalah, kalian akan temukan mode offline melawan AI, berlatih puzzle, dan banyak variasi permainan daring atau luring lain. Aplikasi menawarkan analisis komputer lokal dan server untuk setiap anotasi langkah dan ringkasan game, statistik pemain, tersedia dalam 80 bahasa, fitur jam dengan beberapa pengaturan waktu, dan optimasi mode lansekap.

10. Тoon Clash Chess

Toon Clash dirancang khusus buat pecatur cilik dengan grafis kartun 3D yang lucu dengan gameplay berbasis arcade. Aplikasi menampilkan bidak-bidak dalam bentuk karakter animasi unik di dunia fantasi Playville yang menawan, sementara ada tiga tema berbeda: hutan, kota, dan pohon ajaib. Sudut tampilan bisa dirubah menurut preferensi pemain: tampilan dari atas, sisi, dan mode tampilan kamera dengan berbagai sudut lain. Mode solo menampilkan AI dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan. Level mudah untuk pemain pemula, medium untuk pemain veteran, dan sulit untuk pemain pro. Uji kecerdasan otak dengan game papan puzzle paling menyenangkan di dunia. Jangan lupa menantang teman atau keluarga melalui mode duel panas satu perangkat. Versi premium memberikan fitur tambahan undo untuk membatalkan perintah dengan jumlah tanpa batas, fitur petunjuk, papan tema, dan menghilangkan iklan.

No Responses

Write a response